SEMUA Harus Siap! Mulai 2023 Seluruh Honorer Dihapus, Danny Pomanto: Kami Ikut Perintah Negara -->

SEMUA Harus Siap! Mulai 2023 Seluruh Honorer Dihapus, Danny Pomanto: Kami Ikut Perintah Negara

Selasa, 13 April 2021

Belajardirumah.org -   Pemerintah pusat berencana menghilangkan tenaga kontrak atau honorer. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, menyebut masa kerja honorer hanya sampai 2023.


Menanggapi hal ini, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengaku siap menjalankan apapun kebijakan dari pemerintah pusat.


“Kami ikut selalu perintah seluruh perintah negara. Soal itu kita akan menyesuaikan. tentunya kita harus kondisi di daerah,”ujar Danny, Sabtu (10/4/2021).


Namun, kebijakan ini, kata Danny bakal berdampak pada sistem pemerintahan ke depan. Sebab kondisi sekarang pegawai honorer lebih mendominasi dibanding ASN.


“Di daerah itu ASN semakin berkurang. Dan lebih dominan sekarang itu honorer. Kenapa? Karena pensiun kita satu tahun itu sampai 300. Sedangkan penerimaan tidak seimbang,” ungkap Danny.


Menurutnya, persoalan tersebut harus dipikirkan sejak awal. Sebab roda pemerintahan maupun pelayanan publik harus tetap berjalan.


“Nah ini krisis ASN hal yang serius. Apalagi kalau dilarang nanti pegawai honor. Tidak taumi mau diambil ASN nanti,” terang Danny.


Meski demikian, Danny percaya pemerintah pusat pasti memikirkan cara lain untuk mengantisipasi potensi kekosongan yang ditinggalkan oleh honorer.


“Iya, pasti ada solusi lain. Percayalah negara selalu punya solusi lain,” pungkasnya. 

(Sumber : Fajar.co.id)