SEGERA Catat Sudah Diumumkan! Berikut 13 Syarat Terbaru Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK, Semoga Kamu Lolos Ya

Advertisement

SEGERA Catat Sudah Diumumkan! Berikut 13 Syarat Terbaru Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK, Semoga Kamu Lolos Ya

Jumat, 28 Mei 2021

 

Belajardirumah.org  -   Lowongan CPNS 2021 kembali tersedia bagi yang memenuhi syarat dan ingin menjadi abdi negara. Setelah pengumuman formasi, proses pendaftaran dibuka pada April-Mei 2021 yang dilanjutkan seleksi pada Juni 2021.


Syarat pendaftaran lowongan CPNS 2021 memang belum dijelaskan pemerintah. Namun tidak ada salahnya melakukan persiapan termasuk untuk CPNS 2021 lulusan SMA . Syarat pendaftaran CPNS 2021 lulusan SMA bisa dilihat di tahun anggaran 2019.


Lowongan CPNS 2019 untuk SMA/SMK tersedia di enam kementerian dan lembaga pemerintah. Lembaga tersebut adalah Kemenkumham, Kejaksaan Agung RI, KemenLHK, Kementan, Kemendikbud, dan BIN dengan jumlah formasi sesuai kebutuhan masing-masing.


Berikut adalah syarat CPNS lulusan SMA/SMK tahun 2019, yang bisa jadi bahan persiapan bagi pendaftar CPNS 2021 lulusan SMA dan SMK.


A. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemenkumham


Kemenkumham menetapkan syarat CPNS lulusan SMA untuk penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula. Penjaga tahanan diperlukan 2.875 formasi sedangkan pemeriksa keimigrasian diperlukan sebanyak 657 orang di 33 kanwil.


Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemenkumham:


1. Untuk formasi umum serta putra/putri Papua dan Papua Barat:


Bagi pendaftar dengan sekolah dari luar negeri, telah memiliki ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan Kemendikbud

Bagi pendaftar dengan sekolah dari dalam negeri, sekolah telah terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag.


2. Pendaftar formasi penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam e-KTP.


3. Apabila pelamar ingin mendaftar di provinsi lain yang tidak sesuai domisili e-KTP, maka wajib membuat surat keterangan telah tinggal di wilayah tersebut.


B. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI


CPNS lulusan SMA dibutuhkan di Kejaksaan Agung RI untuk formasi pengawal dan pengemudi tahanan. Masing-masih diperlukan seribu orang yang ditempatkan sesuai kebutuhan tiap unit kerja Kejaksaan Agung RI.


Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI:


1. Memiliki nilai ijazah rata rata 7,00


2. Apabila pendaftar memiliki nilai yang tidak terdapat dalam ijazah maka diambil nilai lain yang setara dengan ijazah


3. Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna biru.


C. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK KemenLHK


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyediakan 80 formasi untuk lulusan SMK pda CPNS 2019. Formasi diperlukan untuk mengisi jabatan polisi kehutanan. Syarat untuk mengisi lowongan tersebut adalah nilai rata-rata dalam transkrip minimal tujuh.


D. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kementan


CPNS lulusan SMK Kementerian Pertanian diperlukan untuk formasi berikut:


SMK bidang peternakan: pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner,

SMK bidang pertanian: pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, pemelihara kebun.


Syarat CPNS lulusan SMK Kementan 2019 adalah:


1. Sekolah harus terdaftar di Kemendikbud


2. Nilai rata-rata ijazah/ujian sekolah rata-rata 7,00


3. Surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai dari Kemenbikbud untuk lulusan sekolah luar negeri.


E. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud


Baca Juga : CATAT! Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA, D3, S1, Segera Cek Informasi Jadwal dan Formasi Seleksi Maret Nanti


Baca Juga : PPPK Tanpa TES, DPR dan Kepala Daerah Mendukung Penuh Guru Honorer! Selengkapnya


Baca Juga : Download GRATIS Kumpulan Soal Seleksi PPPK Guru 2021 + Kunci Jawaban Lengkap


CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud dibutuhkan untuk mengisi formasi teknisi laboratorium serta pemetaan dan penggambaran. Teknisi laboratorium dibutuhkan sebanyak satu orang sedangkan teknisi pemetaan dan penggambaran diperlukan enam orang.


Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud


1. Berasal dari SMK Teknik Kimia untuk pendaftar teknisi laboratorium dan SMK Teknologi dan Rekayasa untuk formasi teknisi pemetaan dan penggambaran


2. SMA/SMK/SLTA sederajat terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag


3. Bagi pendaftar dari sekolah luar negeri mendapat penyetaraan ijazah SMA/SMK/SLTA sederajat dari Kemendikbud


4. Nilai pada Surat Tanda Tamat Belajar rata-rata 7,00.


F. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK BIN


Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan 200 formasi untuk lulusan SMA. Formasi ini untuk mengisi jabatan pranata komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus tenaga pengamanan siber.


Persyaratan khusus untuk CPNS lulusan SMA/SMK BIN adalah berpengalaman minimal dua tahun di bidang keamanan siber. Pengalaman dibuktikan dengan Surat Perjanjian Kontrak Kerja. 

(Sumber : Detik)