SEMOGA Berkah Bun, BSU Rp 2,4 Juta Bakal Cair Lagi Habis Lebaran, Segera Cek Nama Penerima DISINI

Advertisement

SEMOGA Berkah Bun, BSU Rp 2,4 Juta Bakal Cair Lagi Habis Lebaran, Segera Cek Nama Penerima DISINI

Jumat, 21 Mei 2021

Belajardirumah.org -   Bantuan subsidi upah (BSU) akan dicairkan lagi tahun ini. Namun, hanya untuk pekerja yang belum mendapatkan bantuan itu di gelombang sebelumnya.


Direktur Kelembagaan Kerja Sama Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan Aswansyah mengatakan rencananya, BSU akan diberikan usai Lebaran untuk pekerja yang belum mendapatkan di gelombang sebelumnya.


"Nanti setelah Lebaran atau Juni atau Juli," kata Aswansyah, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (7/5).


Sebagai informasi, bantuan sebesar 2,4 juta itu diberikan kepada para pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta, yang ditransfer Rp 600 ribu selama 4 bulan.


Aswansyah mengatakan saat ini otoritas tenaga kerja tengah berupaya agar para pekerja yang belum mendapatkan insentif tersebut bisa memperoleh haknya secara penuh.


"Yang penting intinya kita udah berusaha untuk memperjuangkan mereka yang belum dapat, harus clear dulu datanya," kata Aswansyah.


Hal itu juga sudah dipastikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah beberapa waktu lalu bahwa bagi penerima BSU gelombang I yang belum menerima dana bantuan pada gelombang II bisa mendapatkan tahun ini.


"Realisasi kita sudah 98,92%, jadi sudah hampir 100%. Ada sedikit yang karena kita sudah tutup buku harus dikembalikan pada kas negara, jika memang sudah memenuhi syarat kami akan ajukan kembali ke Kementerian Keuangan untuk bisa diproses," kata Ida.


Ida menegaskan, penerima yang akan mendapatkan subsidi gaji itu tentunya sesuai dengan syarat yang telah ditentukan, yakni pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta.


Selain itu, pekerja tersebut juga terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan/ BPJamsostek yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan. 

(Sumber : Detik)