CEK SEKARANG ! 5 Macam BLT Segera Cair pada Juli 2021, Berikut Daftar Lengkapnya Cek Nama Disini ! -->

CEK SEKARANG ! 5 Macam BLT Segera Cair pada Juli 2021, Berikut Daftar Lengkapnya Cek Nama Disini !

Minggu, 13 Juni 2021

Belajardirumah.org - Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19. Karena itulah, jenisnya pun beragam.


Jenis-jenis bantuan tunai disesuaikan dengan sasaran penerima bantuan. Tak hanya itu, fasilitator penyalur bantuan tersebut juga selalu instansi pemerintahan yang sesuai dengan bidangnya.


Dalam waktu dekat ini, pada Juli 2021 mendatang, lima jenis BLT akan segera cair dan menyasar ke banyak lapisan masyarakat.


Berikut daftar lengkap lima jenis BLT yang akan cair pada Juli 2021 mendatang.


1. Bantuan Sosial Tunai (BST)


BST merupakan bantuan sosial yang difasilitasi oleh Kemensos untuk menyasar warga penerima manfaat yang sesuai kriteria. Sebenarnya, penyaluran BST sudah berakhir pada April 2021 lalu.


Namun, kabarnya BST akan kembali cair hingga Juli 2021 mendatang. Cek penerima BST di cekbansos.kemensos.go.id.


2. Bansos PKH


Masih sama seperti BST, Bansos PKH juga difasilitasi oleh Kemensos untuk masyarakat rentan seperti ibu hamil, lansia, balita, pelajar, hingga penyandang disabilitas.


Besarannya pun tidak sama, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat. Bisa jadi penerima manfaat mendapatkan Rp 900 ribu perbulan hingga Rp 3 juta per bulan.


Untuk melakukan pengecekan penerima Bansos PKH, klik laman cekbansos.kemensos.go.id.


3. BLT UMKM/Banpres BPUM


Jika dua bantuan tadi difasilitasi oleh Kemensos, kali ini difasilitasi oleh Kemenkop UKM, karena sasaran penerima manfaat dari bantuan ini ialah para pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi covid-19.


Besaran BLT UMKM atau Banpres BPUM adalah Rp 1,2 juta yang diharapkan dapat digunakan untuk menjadi modal usaha mikro yang dimilikinya.


Klik lama eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id untuk mengecek daftar penerima BLT UMKM.

4. BLT Dana Desa


Kali ini bantuan sosial yang difasilitasi oleh Kementerian Desa (Kemendesa). Pasalnya, mulai dari penyalur hingga penerima, semuanya merupakan warga desa.


BLT Dana Desa merupakan implementasi dari instruksi presiden tentang alokasi anggaran desa. Presiden mau pemerintah desa mendahulukan bantuan untuk warganya di atas program desa yang lain.


Besaran BLT ini adalah Rp 300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Klik sid.kemendesa.go.id untuk mengetahui daftar penerima di desa Anda.


5. BPNT


Jika sejak tadi semua jenis bantuan berupa uang tunai, kali ini bantuannya berbentuk bahan pangan setara uang Rp 200 ribu. Bahan pangan ini akan dibagikan secara gratis hingga Desember 2021 mendatang.

Sama seperti BST dan Bansos PKH, BPNT juga difasilitasi oleh Kemensos sehingga jika hendak mengecek penerima, klik laman cekbansos.kemensos.go.id.


sumber ; kumparan.com