Silahkan Catat! Syarat Terbaru Kartu Prakerja Gelombang 18, Peserta Bisa Dapat Rp 12,4 Juta!

Advertisement

Silahkan Catat! Syarat Terbaru Kartu Prakerja Gelombang 18, Peserta Bisa Dapat Rp 12,4 Juta!

Jumat, 18 Juni 2021

Belajardirumah.org -  Simak syarat terbaru Kartu Prakerja gelombang 18 yang rencananya akan dibuka antara bulan Juli-Agustus 2021. Daftar di www.prakerja.go.id dan peserta bisa dapat total RP 12,4 juta.


Kartu Prakerja saat ini sudah menyelesaikan pendaftaran gelombang 17. Gelombang 17 resmi ditutup pada 7 Juni 2021. Kuota Kartu Prakerja gelombang 17 hanya tersedia sedikit sebab diutamakan untuk para peserta gelombang 1 sampai gelombang 16 yang belum membeli pelatihan.


Kini, masyarakat menantikan Kartu Prakerja gelombang 18. Namun kapan gelombang 18 dibuka?


Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan Pemerintah akan kembali melanjutkan Kartu Prakerja di semester kedua. Artinya, Kartu Prakerja Gelombang 18 akan dibuka. Namun untuk kepastiang tanggal masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah.


Kuota untuk Kartu Prakerja gelombang 18 diperkirakan sekitar 5,5 juta. Sebab pada semester I kuota hanya 2,7 juta dari total 8,2 juta di tahun 2021.


Syarat terbaru daftar Kartu Prakerja gelombang 18:


1. WNI berusia 18 tahun ke atas.


2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.


3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.


4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.


5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.


Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 18 yang mau dibuka:


1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu.


2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) serta NIK KTP kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.


3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.


4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.


5. Menunggu pengumuman lolos seleksi yang akan diumumkan melalui SMS


Namun yang perlu diketahui, rupanya insentif yang diberikan Kartu Prakerja tak hanya Rp 2, 4 juta, melainkan juga peserta yang lolos Kartu Prakerja gelombang 18 bisa mendapat akses permodalan murah hingga Rp 10 juta.


Adapun modal Rp 10 juta dengan menjadi peserta Kartu Prakerja merupakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro. Kredit ini mengenakan bunga rendah.


KUR Super Mikro bagi peserta Kartu Prakerja sendiri diberikan bagi yang berminat untuk berwirausaha usai mengikuti pelatihan, dengan plafon kredit mencapai Rp 10 juta.


Jadi, bagi peserta yang lolos dan mengambil program KUR akan mendapat total insentif Rp 12,4 juta.


Demikian informasi mengenai syarat terbaru daftar Kartu Prakerja gelombang 18, bocoran jadwal dibukanya gelombang 18, golongan yang tidak bisa daftar Lartu Prakerja gelombang 18, cara daftar Kartu Prakerja gelombang 18 di www.prakerja.go.id, serta cara dapat total Rp 12,4 juta.***


sumber ;beritadiy.pikiran-rakyat.com