ALHAMDULILLAH Mendikbud Jamin Kesejahteraan Guru Honorer Dengan Cara Ini, SIMAK !

Advertisement

ALHAMDULILLAH Mendikbud Jamin Kesejahteraan Guru Honorer Dengan Cara Ini, SIMAK !

Jumat, 02 Juli 2021

Belajardirumah.org - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, masalah kesejahteraan guru honorer harus menjadi perhatian bersama. 


Sebab, kata dia, saat ini masih banyak guru honorer yang menerima gaji dalam hitungan ratusan ribu saja. "Kesejahteraan mereka (guru honorer) merupakan salah satu PR kita. 


Tentun kita sering mendengar bahwa banyak honorer yang hanya menerima gaji sebesar Rp 100.000 sampai Rp 350.000 per-bulannya," kata Nadiem dalam Rakornas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang disiarkan secara daring, Kamis (1/7/2021).


Masalah lainnya terkait guru honorer yakni tercatat 88 persen guru non Pegawai Negeri Sipil tidak memiliki sertifikasi di mana 55 persen. 


"Di antaranya merupakan guru honorer sekolah negeri," ujarnya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. 


Daftarkan email "Sudah sangat jelas masih banyak kerjaan yang harus kita kerjakan untuk memperbaiki sistem pendidikan," ucap Nadiem. 


Adapun salah satu cara pemerintah mengatasi masalah kesejahteraan guru honorer yakni dengan membuka pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dibuka pada Rabu (30/6/2021). 


Pendaftaran CASN akan dibuka untu calon pegawai negeri sipil (CPNS), calon pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (P3K) Guru, dan calon P3K non guru. 


Pada pendaftaran CASN 2021, calon P3K guru mendapatkan tiga kali kesempatan mengikuti seleksi.


sumber; nasional.kompas.com