Kabar Terbaru, Pengumuman KELULUSAN PPPK Guru 2021, Ada Kabar Baik Buat Seluruh Guru Honorer Peserta Seleksi Kompetensi Tahap 1 dan 2

Advertisement

Kabar Terbaru, Pengumuman KELULUSAN PPPK Guru 2021, Ada Kabar Baik Buat Seluruh Guru Honorer Peserta Seleksi Kompetensi Tahap 1 dan 2

Minggu, 26 September 2021

Belajardirumah.org - Dua hari lalu ada pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru. Pengumuman hasil seleksi tanggal 24 September 2021, namun pengumuman kelulusan PPPK Guru 2021 ditunda oleh kemendikbud.


Untuk Pengumuman dirilis di gurupppk.kemdikbud.go.id/webpppk/.


Berikut jadwal dan tahapan terbaru pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2021, setelah Seleksi Kompetensi tahap I:


1. Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi I: 24 September 2021


2. Masa sanggah I (masa pengajuan sanggah): 24-27 September 2021


3. Jawab sanggah I (tanggapan sanggah): 27 September-5 Oktober 2021


4. Pengumuman hasil sanggah I: 5 Oktober 2021


5. Pengumuman dan Pemilihan Formasi II: 9-15 Oktober 2021


6. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi PPPK Guru II: 22 Oktober 2021


7. Cetak kartu peserta seleksi PPPK Guru: 22-25 Oktober 2021


8. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 26-30 Oktober 2021


9. Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi II: 5 November 2021


10. Masa sanggah II (masa pengajuan sanggah): 5-8 November 2021


11. Jawab sanggah II (tanggapan sanggah): 8-15 November 2021


12. Pengumuman pasca masa sanggah II: 15 November 2021.


Semua peserta PPPK Guru tahap I telah mengikuti tes hingga tanggal 17 September 2021 kemarin seta tes susulan pada tanggal 18 Sepetmber 2021.


Peserta PPPK Guru tahap I juga sudah bisa memperkirakan lolos atau tidak sesuai nilai ambang batas atau passing grade yang telah ditentukan.


Perlu diketahui bahwa hasil nilai tes seleksi kompetensi PPPK Guru adalah sebagai berikut"


1. Skor Murni


Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan mengatakan jika nilai yang bisa dilihat di PC di akhir tes itu masih hasil murni.


"Baru saja saya dpt konfirmasi bhw CAT UNBK Kemendikbudristek yg dipakai u/ SelKom P3K Guru belum ada live scoring, namun nilai akan terlihat di PC saat sesi berakhir.


Nilai tertera belum termasuk tambahan afirmasi, murni hasil tes.


Nilai akan dikirim ke BKN scr sistem. Cemungut," tulis M. Ridwan dalam status di twitter, beberapa waktu lalu.


Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan jika hasil skor nilai yang keluar setelah peserta menyelesaikan tes PPPK guru 2021 merupakan hasil murni.


Hasil tersebut belum bisa dipastikan kelulusan peserta karena belum ditambahkan afirmasi.


Nilai tersebut akan direkonsiliasi dan ditambahkan dengan afirmasi.


Sekedar diketahui, nilai afirmasi hanya untuk nilai kompetensi teknis.


1. Peserta yang memiliki Sertifikat Pendidik linear dengan jabatan yang dilamar mendapat nilai penuh sebesar 100% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis.


2. Peserta yang berusia di atas 35 tahun terhitung saat pendaftaran dan berstatus aktif mengajar sebagai guru selama 3 (tiga) tahun sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 15% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis.


3. Peserta dari Penyandang Disabilitas mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis.


4. Peserta dari THK-II dan aktif mengajar sebagai guru selama 3 (tiga) tahun sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis.


5. Tambahan nilai sebagaimana dimaksud pada point (1), (2), (3) dan (4) berlaku kumulatif dengan nilai total maksimal Kompetensi Teknis sebesar 100% dari Nilai Kompetensi Teknis.


2. Mirip CPNS


Sama seperti tes CPNS, lulus passing grade juga belum dipastikan lulus PPPK Guru. Bakal ada peringkingan dalam setiap formasi.


Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana selaku ketua panitia seleksi nasional (Panselnas) calon aparatur sipil negara (CASN) menyatakan penetapan kelulusan tes PPPK guru 2021 berdasarkan formasi.


Sama seperti CPNS, peserta hanya akan bersaing dengan sesama peserta yang mendaftar di formasi jabatan tersebut di satu instansi.


Kelulusan akan ditentukan setelah ditambah dengan nilai afirmasi.


Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mencontohkan jika sekolah A membutuhkan lima guru kelas. Namun ternyata yang mendaftar hanya dua guru honorer.


Kalau yang dua orang tersebut lulus passing grade setelah ditambah afirmasi, maka yang bersangkutan bisa lulus seleksi PPPK guru 2021.


Sebaliknya, jika sekolah B membutuhkan formasi empat guru kelas dan yang mendaftar 10 guru honorer dan berhasil lulus passing grade PPPK guru 2021 maka dibikin sistem ranking.


Jadi akan diambil empat guru honorer dengan nilai tertinggi.


3. Kesempatan 3 kali


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta kepada peserta tahap I yang belum lulus seleksi jangan langsung mengubur ambisi.


Nadiem mengingatkan bahwa peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak tiga kali.


4. Latihan Soal


Nadiem juga meminta peserta untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan peserta PPPK Guru melalui tryout gratis.


"Kami memiliki program Guru Belajar dan Guru


5. Pengumuman


Peserta bisa melihat pengumuman kelulusan PPPK Guru pada tanggal 24 September 2021.


Artikel tersebut diatas sebelumnya tayang di PortalSulut.Pikiran-Rakyat.com dengan judul "2 Hari Menunggu Pengumuman PPPK Guru, Ini Bocoran dan Beberapa Hal yang wajib Diketahui".


Pengumuman tes dilakukan pada 2 lokasi yakni di gurupppk.kemdikbud.go.id dan dipasang di papan pengumuman tiap sekolah. (Sumber : pikiran-rakyat.com)