PAK! Kapan Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap I? Guru Honorer Makin Cemas, Berikut Ini JAWABAN Kemendikbud Ristek -->

PAK! Kapan Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap I? Guru Honorer Makin Cemas, Berikut Ini JAWABAN Kemendikbud Ristek

Selasa, 28 September 2021

Belajardirumah.org -  Jadwal pengumuman kelulusan PPPK guru 2021 tahap I sampai saat ini masih misteri. Panselnas CASN 2021 belum memberikan kepastian kapan pengumuman dilakukan.


Pemerintah hanya mengimbau guru honorer untuk memantau portal resmi SSCASN BKN dan gurupppk.kemdikbud.go.id.


Di tengah ketidakpastian ini berseliweran informasi di media sosial yang justru membuat guru honorer makin cemas.


"Inilah imbasnya karena pengumuman ditunda entah sampai kapan, akhirnya informasi yang tidak jelas sumbernya beredar di medsos dan bikin guru honorer penuh kecemasan," kata Ketum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat kepada JPNN.com, Selasa (28/9).


Dia pun meminta guru honorer tetap tenang dan bersabar sembari menunggu pengumuman lebih lanjut.


Apalagi penundaan tersebut bertujuan memberikan waktu bagi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperjuangkan afirmasi tambahan bagi para peserta tes PPPK guru 2021.


Rizki berharap ada solusi yang terbaik apa pun keputusannya serta tetap menjamin bagi peserta yang sudah lulus formasi PPPK guru tahap 1 sesuai PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021.


"Kami mendapatkan informasi dari laman Instagram ditjen.gtk.kemdikbud bahwa peserta yang sudah lulus formasi dipastikan untuk tetap dijamin haknya," tegasnya.


Namun, kata Rizki yang membuat guru honorer galau karena sejauh ini masih belum ada informasi kapan waktu pengumuman tersebut.


Yang terjadi saat ini banyak beredar informasi-informasi belum benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan serta sumbernya tidak resmi dari Panselnas.


Hal tersebut menimbulkan kecemasan bagi guru honorer yang sedang menunggu pengumuman tersebut. Rizki sangat menyangkan banyak pihak yang memberikan informasi tidak jelas sumbernya.


"Kami harapkan permasalahan ini segera terselesaikan. Semoga ada solusi terbaik bagi guru honorer," ujarnya.


FGHBSN Nasional juga meminta pemerintah memberi kepastian mengenai batas waktu pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahap I. Mengingat masih ada pelaksanaan seleksi PPPK guru tahap II dan III yang harus diikuti honorer jika ada yang belum lulus tahap I. (esy/jpnn)