TERCATAT 179.771 Formasi PPPK Guru Tahap I Kosong, Seluruh Guru Honorer Simak Kebijakan Nadiem Untuk Hal Ini, ADA Kabar GEMBIRA...

Advertisement

TERCATAT 179.771 Formasi PPPK Guru Tahap I Kosong, Seluruh Guru Honorer Simak Kebijakan Nadiem Untuk Hal Ini, ADA Kabar GEMBIRA...

Minggu, 26 September 2021

Belajardirumah.org -  Sebanyak 179.771 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK guru tahap I kosong. Padahal formasi PPPK 2021 yang disiapkan pemerintah mencapai 506.247 dari target satu juta.


Menurut Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim kosongnya formasi tersebut karena tidak ada pelamarnya. Rerata formasi yang kosong berada di wilayah terpencil.


"Dari 506.247 formasi PPPK guru 2021, yang terisi pelamar hanya 328.476. Formasi kosong sebanyak 179.771," kata Nadiem dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Jumat (23/9).


Nadiem Makarim mengeklaim jumlah pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK sebanyak 925.637 adalah terbesar dalam sejarah.


Meskipun target satu juta belum terpenuhi tahun ini, Nadiem puas karena separuhnya sudah terisi dan lagi-lagi diklaim yang terbanyak.


Menteri milenial jebolan Harvard University ini mengungkapkan formasi kosong pada tes PPPK guru tahap I ada di wilayah Nias Utara, Halmahera Utara, Barito Selatan, Timo Tengah Selatan, Halmahera Tengah, Maluku Barat Daya, Halmahera Barat dan Selatan, Nias, Maluku Tengah, Pulang Pisau, Barito Timur, Lombok Barat, Kutai Barat, Halmahera Timur, Sangihe, Tanimbar.


Mengenai formasi kosong ini, Nadiem mengungkapkan akan melakukan berbagai terobosan salah satunya dengan optimalisasi formasi kepada peserta yang lulus passing grade, tetapi tidak punya formasi.


Namun jika pesertanya ingin tes kembali diperbolehkan ikut tes lagi sampai tahap III dan akan dilihat mana passing grade yang paling tinggi.


"Saya ingin guru honorer merdeka memilih," cetusnya.


Nadiem mengungkapkan pengolahan data hasil ujian seleksi PPPK guru 2021 tahap I masih berlangsung.


Panselnas masih berembuk untuk memfinalisasi hasil ujian tersebut.


Namun, data 23 September, sekitar 29 persen dari 328.476 formasi yang ada pelamarnya sudah terisi.


"Berarti sekitar 94 ribu guru honorer sudah lulus. Angka ini akan berkembang plus minus 100 ribu orang dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK," ucapnya.


Mengenai kapan pengumumannya kelulusan tes PPPK guru 2021 tahap I, Nadiem menyatakan akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.


Nadiem menambahkan pihaknya selalu mendengarkan aspirasi masyarakat dan sedang memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan untuk daerah-daerah yang kekurangan guru dan peserta di atas 50 tahun.


Kemendikbudristek juga mempertimbangkan masukan dari pakar-pakar pendidikan tentang pentingnya menjaga integritas proses seleksi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa Indonesia. (esy/jpnn)