VIRAL! Santri Tutup Telinga Saat Dengar Musik, Ini Reaksi Waketum MUI -->

VIRAL! Santri Tutup Telinga Saat Dengar Musik, Ini Reaksi Waketum MUI

Rabu, 15 September 2021

Belajardirumah.org -  Wakil Ketua Majelie Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku paham betapa susahnya menghafal Al-Qur'an karena memerlukan dan membutuhkan suasana hati, serta lingkungan yang mendukung.


Hal itu diungkapkan Anwar untuk mengomentari video viral santri yang menutup telinga saat terdengar musik ketika mereka menjalani proses vaksinasi.


"Mereka (para santri, red) jelas-jelas sangat  memerlukan dan membutuhkan suasana hati dan lingkungan yang tenang, yang mendukung. Bahkan, kalau bisa suasana di sekeliling mereka (para santri, red) terasa sunyi agar hati mereka tetap bening," kata Anwar melalui layanan pesan, Rabu (14/9).


Pria kelahiran Sumatera Barat itu menganggap wajar bila para santri sampai menutup telinga ketika ada musik terdengar demi hafalan Al-Qur'an berjalan baik.


"Menurut saya itu adalah hal yang wajar karena memang untuk bisa sukses dalam menghafal Al-Qur'an itu hati dan pikiran tidak boleh terganggu oleh suara-suara berisik," ujarnya.


Menurut Anwar, memang ada orang yang sinis dengan langkah santri menutup telinga ketika terdengar suara musik.


Dirinya pun menantang kelompok yang sinis bisa menghafal Al-Qur'an dalam lingkungan yang berisik.


"Jadi, supaya mereka (kelompok yang sinis, red) tahu bagaimana sulitnya menghafal  Al-Qur'an kalau suasana lingkungan tidak mendukung, apalagi kalau hati serta pikiran terganggu oleh faktor-faktor eksternal seperti suara musik yang keras misalnya," ujarnya.


Adapun, video tentang fenomena santri menutup telinga ketika sebuah lagu sedang terputar diketahui viral di media sosial.


Seseorang di dalam video itu menjelaskan bahwa para santri hendak mengikuti vaksinasi.


Terdengar pada saat yang sama sebuah lagu di sentra vaksinasi. Para santri tampak menutup telinga masing-masing dengan telapak tangan.


Video santri menutup telinga satu di antaranya diunggah pegiat media sosial Denny Siregar di Instagram.


Melalui akun @dennysirregar, yang bersangkutan turut menuliskan narasi ketika mengunggah video santri menutup telinga.


"Kalau gue petugasnya, langsung gua setelin mereka Metallica. Exit light. Enter night," tulisnya.(ast/jpnn)