PAK Banyak Yang Bertanya Nih! Kapan Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2021 Tahap I? Pejabat BKN Menjawab Begini -->

PAK Banyak Yang Bertanya Nih! Kapan Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2021 Tahap I? Pejabat BKN Menjawab Begini

Sabtu, 02 Oktober 2021

Belajardirumah.org -  Para guru honorer peserta tes PPPK 2021 menanti waktu pengumuman kelulusan dengan harap-harap cemas. Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku ketua panitia seleksi nasional calon aparatur sipil negara (Panselnas CASN) 2021 pun sudah menjelaskan tahapan pembahasan menuju pengumuman kelulusan PPPK guru 2021 tahap I.


Mulai dari menghitung tingkat kelulusan peserta seleksi, melakukan simulasi berdasarkan tingkat kelulusan tersebut hingga penyusunan draft KepmenPAN-RB. Proses pembahasannya sudah dimulai sejak Jumat, 1 Oktober 2021.


Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengungkapkan proses simulasi sampai saat ini masih berjalan.


Sesuai kesepakatan dalam rapat Panselnas pada Kamis (30/9), tim yang dipimpin BKN diberikan waktu tiga hari.


"Jadi diharapkan Senin (4/10) hasilnya sudah dilaporkan ke Panselnas. Mulai dari kemarin tim lembur karena dikejar deadline," kata Deputi Suharmen kepada JPNN.com, Sabtu (2/10).


Dia membeberkan saat ini masih dilakukan exercise atau simulasi oleh BKN, KemenPAN-RB dan Kemendikbudristek. Setelah simulasi selesai, tahapan berikutnya adalah penentuan passing grade oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. 


Begitu passing grade ditetapkan, data kelulusan bisa langsung ditarik dari inbox hasil pengolahan sistem BKN. 


Kapan jadwal pengumuman kelulusan PPPK guru 2021 tahap I? Deputi Suharmen mengaku tidak bisa memprediksikan tanggalnya. Sebab ada hal nonteknis administratif yang bisa menjadi kendala.


"Prinsipnya hasil pengolahan datanya tidak bisa dikeluarkan kalau kebijakannya belum keluar," terangnya.


Dia hanya berharap agar saat hasil simulasi diserahkan ke Panselnas pada 4 Oktober, prosesnya bisa lebih cepat agar para peserta seleksi tidak menunggu lama lagi menanti pengumuman kelulusan PPPK guru tahap I. 


"Kami sih maunya lebih cepat lebih baik agar bisa beranjak pada seleksi komptetensi PPPK guru tahap II dan seterusnya," pungkas Deputi Suharmen. (esy/jpnn)