KABAR Gembira! Telah Terbit Jadwal Pencairan Tambahan Penghasilan Guru (TAMSIL) Tahun 2022, Silahkan Dicatat Ya! -->

KABAR Gembira! Telah Terbit Jadwal Pencairan Tambahan Penghasilan Guru (TAMSIL) Tahun 2022, Silahkan Dicatat Ya!

Minggu, 13 Februari 2022

Belajardirumah.org - Alhamdulillah Kabar gembira kali ini hadir dari Kemendikbudristek terkait dengan penyaluran dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk triwulan I sampai dengan IV di Tahun 2022. Hal ini sehubungan dengan keluarnya Permendikbudristek Nomor 4 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Aparatur Sipil Negara di Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota.


Tunjangan sertifikasi atau sering kita sebut sebagai Tunjangan Profesi Guru (TPG) merupakan tunjangan profesi yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai suatu penghargaan atas profesionalitasnya. Tunjangan sertifikasi ini dibayarkan setiap tiga bulan sekali.


Mungkin banyak dari kalangan guru yang telah menunggu kapan tunjangan sertifikasinya cair untuk tahun ini. Berikut jadwal terbaru sesuai dengan aturan dari Kemendikbudristek di tahun 2022 ini.


Jadwal Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Tahun 2022

Dalam Permendikbudristek tersebut dijelaskan tentang jadwal pencairan tunjangan sertifikasi yang disertadi dengan keterangan bulannya. Adapun aturan tersebut menerangkan mulai dari triwulan I sampai dengan triwulan IV.


1. Triwulan I

Pada tabel tersebut dijelaskan tentang sinkronisasi data, yaitu pada tanggal 28 atau 29 Februari 2022. Kemudian ini untuk jadwal triwulan I dibayarkan pada bulan maret 2022 tidak menyertakan spesifikasi tanggalnya karena tergantung dari daerah masing-masing.


2. Triwulan II

Selanjutnya untuk triwulan II sinkronisasi data dimulai pada 31 mei 2022. Kemudian pembayaran triwulan II akan dimulai pada bulan juni tahun ini.


3. Triwulan III

Kemudian sinkronisasi data akan dilaksanakan mulai tanggal 31 agustus. Untuk pembayaran triwulan ke III ini akan jatuh di bulan september 2022.


4. Triwulan IV

Dan terakhir yaitu triwulanIV, sinkronisasi data akan dilaksanakan mulai tanggal 31 oktober 2022. Sedangkan untuk pembayaran triwulan IV akan dilaksanakan di bulan november 2022.


Perbedaan dengan Aturan Sebelumnya

Aturan terbaru ini sangat berbeda pada dengan aturan sebelumnya. Yang menjadi acuan tahun sebelumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2021 yang mana tidak dijelaskan sama sekali tentang jadwal pencairan tunjangan sertifikasi bagi guru.


Aturan terdahulu tersebut hanya dijelaskan tentang SKTP itu terbit kapan. Dimana SKTP ini adalah syarat awal untuk pembayaran tunjangan sertifikasi guru karena SKTP adalah surat keterangan tunjangan profesi.

 

SKTP semester 1 ini terbit dimulai di bulan maret. Untuk pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) mulai januari hingga bulan juni, namun pembayarannya tetap 3 bulan. Kemudian SKTP semester 2 terbit dimulai bulan september. Untuk pembayaran bulan juli hingga desember.


Dengan demikian, aturan tahun sebelumnya sangat berbeda dengan Permendikbud No 4 Tahun 2022 ini. Hal ini dikarenakan ada poin di Permendikbud ini yang menjelaskan tentang jadwal pembayaran tunjangan sertifikasi bagi guru.


Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti yang kita ketahui bahwa pencairan dana tunjangan sertifikasi dilaksanakan secara triwulanan. Yang dimaksud triwulanan adalah dana tunjangan tersebut dicairkan empat kali dalam satu tahun dengan kelipatan 3 (tiga) bulan.