BERIKUT Ini DAFTAR Guru Yang Berhak Terima Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Tahun 2022, Sesuai Regulasi Resmi Permendikbud No.4 Tahun 2022. -->

BERIKUT Ini DAFTAR Guru Yang Berhak Terima Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Tahun 2022, Sesuai Regulasi Resmi Permendikbud No.4 Tahun 2022.

Minggu, 20 Maret 2022

Belajardirumah.org - Tunjangan sertifikasi merupakan tunjangan yang menjadi hak guru yang telah mempunyai sertifikasi pendidik.


Baru-baru ini ada kabar gembira bagi guru penerima tunjangan sertifikasi triwulan 1 tahun 2022, sesuai regulasi resmi Permendikbud No.4 Tahun 2022.


Dikutip BeritaSoloRaya.com dari tayangan video yang diunggah kanal YouTube Guru Abad 21 pada Rabu, 16 Februari 2022, tentang guru penerima tunjangan sertifikasi triwulan 1 tahun 2022, hingga tahapan tunjangan profesi dan tunjangan khusus.


Bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik akan tetap menerima tunjangan profesi, tunjangan khusus dan tambahan penghasilan guru.


Berikut ini tahapan penyaluran tunjangan profesi, tunjangan khusus dan tambahan penghasilan yaitu:


1. Proses input atau pembaruan data guru ASN di daerah


Maksudnya dilakukan oleh guru dan operator melalui dapodik, jadi perlu diperhatikan bahwa anda telah memperbarui data ASN di daerah, dan termasuk jika guru mendapatkan kenaikan gaji berkala pastikan juga sudah diperbarui di dapodik.


2. Validasi dan penetapan penerima tunjangan


Dalam hal ini yang memvalidasi yaitu pihak Puslabdik di bawah naungan Kemendikbud, jadi untuk guru ketika data-datanya selesai diverifikasi oleh dinas, kemudian akan divalidasi oleh kementerian.


3. Pembayaran tunjangan


Setelah memvalidasi dan juga penetapan penerima tunjangan, maka anda bisa membayar tunjangan yaitu dari pihak pusat kepada pihak daerah, setelah itu daerah akan mentrasfer ke rekening guru.


Di dalam Permendikbud dijelaskan perihal validasi dan penetapan perda penerima tunjangan, yaitu Puslabdik melakukan sinkronisasi data guru ASN daerah.


Hal tersebut dilakukan antara dapodik dengan aplikasi sistem informasi manajemen tunjangan (SIM-Tun) pada kementerian sesuai waktu sebagai berikut.


Sinkronisasi data


• 28/29 Februari

Pembayaran Triwulan I Bulan Maret


• 31 Mei

Pembayaran Triwulan II Bulan Juni


• 31 Agustus

Pembayaran Triwulan III Bulan September


• 31 Oktober

Pembayaran Triwulan IV Bulan November


4. Tunjangan diterima guru


Tunjangan profesi dan tunjangan khusus guru ASN daerah dibayarkan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja, setelah diterimanya dana tunjangan profesi dan tunjangan profesi dan tunjangan khusus di rekening kas umum daerah.***