Akhirnya Ada Kabar Baik dari Pemerintah Soal PPPK Guru Tahap 3

Advertisement

Akhirnya Ada Kabar Baik dari Pemerintah Soal PPPK Guru Tahap 3

Rabu, 13 April 2022

 

Belajardirumah.org -  Hingga saat ini para guru honorer masih menunggu kabar kapan pembukaan PPPK Guru tahap 3. Seperti di ketahui, sesuai jadwal, PPPK Guru tahap 3 akan dilaksanakan di tahun 2021 lalu. Tahap 1 dan tahap 2 telah selesai di gelar, namun tahap 3 belum tuntas.


Pada tahap 3 ini, akan diikuti oleh pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II dan dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia.


Seleksi kompetensi III dapat diikuti oleh:


a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


b. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


c. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan


d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.


Namun belum ada kabar kejelasan tahap 3, pemerintah sudah mengumumkan PPPK tahun 2022.


Adapun kuota yang dibuka tahun 2022 ini adalah:


PPPK Pusat kuota totalnya 93.554 melalui jalur PPPK.


Meliputi tenaga Guru kuotanya 45.000, Dosen (Kemdikbud/Kemenag) kuotanya 20.000, Dokter/tenaga kesehatan (Kemenkes) kuotanya 3.000, dan Jabatan teknis lainnya kuotanya 25.554.


Daftar dari DAERAH kuota totalnya 942.257 melalui jalur PPPK.


Meliputi tenaga Guru kuotanya 758.018, dan Fungsional selain Guru kuotanya 184.239.


Daftar dari Sekolah Kedinasan melalui formasi CPNS kuotanya 8.941.


Daftar dari Papua dan Papua Barat Formasi 2021 (CPNS dan PPPK) total kuotanya 41.376


Maka dari itu jumlah keseluruhannya untuk formasi CPNS 8.941, dan jalur PPPK 1.035.811, sehingga totalnya adalah 1.086.128.


Lantas bagaimana kabar PPPK Guru tahap 3?


Dilansir dari menpan.go.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta agar seluruh tahap dalam seleksi CASN 2021 segera diselesaikan sebelum Seleksi CASN 2022 dimulai.


Sayangnya pemerintah belum menetapkan tanggal pasti kapan PPPPK tahap 3 tahun 2021 digelar.


Belum ada informasi resmi terkait pembukaan PPPK Guru tahap 3.


Di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id juga belum ada informasi soal tahap 3.


Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Guru, Tenaga (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani menyebutkan jika sampai saat ini belum ada informasi pendaftaran PPPK guru tahap 3.


"Terkait banyak pertanyaan tentang NI ujian 1 dan 2, silahkan ditanyakan di BKD masing-masing. Terkait ujian ke 3, belum ada info," tulisnya dalam akun instagram awal Februari lalu.***