Selamat Ya! Pekerja dengan Kriteria Ini Dapat BSU Rp1 Juta, Yuk Langsung Cek Statusmu di LINK Ini -->

Selamat Ya! Pekerja dengan Kriteria Ini Dapat BSU Rp1 Juta, Yuk Langsung Cek Statusmu di LINK Ini

Minggu, 17 April 2022

Belajardirumah.org  -  Kementrian Ketenagakerjaan atau Kemnaker berencana menggulirkan kembali Bantuan Subsidi Upah atau BSU bagi pekerja di 2022 ini.


Adapun yang berhak mendapat BSU 2022 senilai Rp1 juta tersebut, yakni pekerja dengan kriteria yang telah ditentukan Kemnaker.


Pekerja dengan kriteria yang ditentukan Kemnaker dapat BSU 2022 senilai Rp1 juta, bisa segera cek statusnya melalui link kemnaker.go.id.


Merunut dari penyaluran BSU tahun lalu, terdapat sejumlah kriteria pekerja yang dapat BSU senilai Rp1 juta.


Kriteria tersebut di antaranya yakni Warga Negara Indonesia atau WNI yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan NIK KTP.


Selain itu, pekerja yang berkesempatan dapat BSU senilai Rp1 juta, juga harus sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021.


Ketiga, yakni pekerja calon penerima BSU senilai Rp1 juta, harus mempunyai gaji atau upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta.


Selain itu, pekerja atau buruh yang dapat BSU juga harus bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3,5.


Maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.


Selain hal di atas, pekerja yang dapat BSU yakni karyawan yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah.


Kemudian, pekerja yang diutamakan bagi pekerja yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan jika pada 2022, kriteria penerima BSU sementara dirancang untuk pekerja yang memiliki upah atau gaji di bawah Rp3,5 juta.


Selain itu, basis data penerima BSU pada tahun 2022 ini juga masih menggunakan data peserta BPJS Ketenagakerjaan.


"Adapun rincian terhadap kriteria dan mekanisme BSU 2022 ini sedang digodok oleh Kementerian Ketenagakerjaan," tutur dia, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.


Pekerja dengan dua kriteria Kemnaker tersebut bisa cek apakah statusnya terdaftar sebagai penerima BSU 2022 atau tidak sesuai cara pada pengecekan 2021 lalu.