Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Online dari Rumah Supaya Lebih Efektif

Sumber: canva.com

Adanya pandemi Covid-19 memang membuat sebagian besar aktivitas sehari-hari menjadi terbatas. Keterbatasan tersebut bisa dilihat dari berbagai sektor, mulai dari olahraga, perkantoran, hingga pendidikan. Akan tetapi, sudah banyak kursus yang saat ini membantu anak-anak untuk belajar secara daring atau online.


Meskipun kursus daring sudah banyak dijalankan, tetapi akan ada banyak perubahan yang harus disesuaikan bagi para murid. Belum lagi ada banyak murid yang memilih untuk belajar mandiri tanpa bantuan kursus.


Untuk itu, metode yang tepat harus dipersiapkan supaya belajar online berjalan kondusif dan dapat dengan mudah dipahami. Oleh karena itu, kami telah merangkum tips belajar online dari rumah supaya lebih efektif. Yuk, simak penjelasan berikut ini.


1. Hindari Lingkungan yang Berisik

Saat melakukan belajar daring, lingkungan rumah yang berisik menjadi kendala utama bagi para murid. Hal itu dikarenakan banyaknya aktivitas yang terjadi di dalam rumah yang dapat membuat susah fokus, kehilangan konsentrasi, dan lain-lain.


Untuk itu, Anda dapat menghindari lingkungan rumah yang berisik dengan menentukan jam belajar yang tepat. Anda juga dapat mengubah jam belajar tersebut ke malam hari yang tentunya jauh lebih tenang dan minim polusi suara. Anda juga bisa memberitahu orang rumah saat ada kegiatan belajar sehingga kebisingan bisa dihindari.


2. Jangan Lakukan Banyak Hal dalam Satu Waktu

Belajar di rumah memang terasa berbeda jika dibandingkan dengan di sekolah. Banyaknya kegiatan yang harus di lakukan di rumah membuat konsentrasi lebih mudah buyar. Hal itu membuktikan bahwa kegiatan belajar online di rumah memiliki lebih banyak rintangan.


Untuk membuat belajar lebih efektif, Anda tidak seharusnya melakukan banyak hal dalam satu waktu. Pikiran yang bercabang hanya akan mengganggu kegiatan dan malah membuat Anda jadi lebih sulit untuk fokus dalam belajar. Jika fokus Anda terbagi dalam banyak hal, hanya akan membuat dampak kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Lakukanlah pekerjaan satu per satu, dengan begitu Anda dapat lebih fokus dalam belajar.


3. Tetapkan Tujuan Harian

Melakukan kegiatan belajar online sering kali membuat kita menjadi lebih malas karena berpikir bahwa semuanya bisa selesai nanti. Pemikiran tersebut tanpa sadar menjadikan alam bawah sadar kita untuk menunda belajar. Hal ini tentu harus menjadi alarm untuk belajar lebih giat dan tidak bermalas-malasan.


Maka dari itu, Anda harus menetapkan tujuan harian agar kegiatan belajar online bisa lebih efektif. Anda bisa menentukan sendiri target belajar dalam satu hari, seperti menyelesaikan dua tugas ataupun menonton ulang rekaman pelajaran. Selain untuk menjadikan kegiatan belajar online menjadi efektif, menetapkan tujuan harian juga akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi dalam belajar.


4. Buat Catatan Penting

Meskipun saat ini banyak guru yang memberikan materi presentasi pelajaran kepada murid, Anda harus tetap mencatat pelajaran yang telah dijelaskan. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan fokus dan memudahkan untuk memahami materi yang dijelaskan dengan tulisan yang Anda buat sendiri. Selain itu, mencatat juga baik untuk mengingat apa yang telah diterangkan.


Untuk itu, Anda perlu menulis catatan yang penting saat proses pembelajaran. Gunakanlah perangkat seperti buku, ponsel, tablet, dan laptop milikmu. Pastikan Anda menulis bagian pentingnya, ya!


5. Aktif Bertanya

Menanyakan beberapa pertanyaan kepada guru saat pelajaran membuat beberapa orang merasa malu dan takut. Namun, saat belajar online Anda dapat dengan leluasa dalam menanyakan pertanyaan. Hal itu dikarenakan pembelajaran jarak jauh terasa berbeda dengan saat bertatap muka.


Aktif bertanya juga membuat Anda lebih paham akan materi yang tidak dimengerti, serta membuat interaksi aktif antara guru dan murid. Selain bertanya pada guru, Anda juga dapat bertanya pada teman dan orang tua jika hal yang disampaikan pada pelajaran masih kurang jelas.


6. Belajar dari Internet

Dengan segala kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari internet, gunakanlah kesempatan itu untuk mencari sumber bahan bacaan untuk tugas Anda. Selain itu, salah satu manfaat terbesar dari beralih ke pembelajaran jarak jauh adalah Anda memiliki akses ke sejumlah besar aplikasi belajar online. Jadi, manfaatkanlah kesempatan ini untuk belajar sebanyak-banyaknya.


7. Buatlah Grup Belajar

Belajar mandiri di rumah memang terasa menjemukan jika dibandingkan saat berada di sekolah. Bahkan terkadang membuat beberapa pelajaran sulit dimengerti karena jaringan internet yang kurang baik ataupun karena kendala lainnya.


Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat grup belajar sendiri. Undanglah beberapa teman yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas atau menerangkan ulang materi pelajaran. Ini tentu saja membuat dampak positif bagi Anda, bukan hanya dalam segi pendidikan tapi juga dapat mendekatkan diri dengan teman-teman.


Belajar online dari rumah bisa menjadi lebih efektif dengan cara yang tepat. Anda bisa mempraktikkan 7 tips rekomendasi belajar online di atas. Semoga bermanfaat!