Seleksi PPPK Tahap 3 Segera Dibuka, Ini Kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Persiapkan Diri Catat Jadwalnya

Advertisement

Seleksi PPPK Tahap 3 Segera Dibuka, Ini Kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Persiapkan Diri Catat Jadwalnya

Rabu, 04 Mei 2022

 

Belajardirumah.org -  Pelaksanaan seleksi PPPK tahap 1 dan 2 telah selesai dilaksanakan pemerintah. Kini seleksi PPPK tahap 3 akan kembali dibuka pemerintah.


Namun sebelum lanjut pada seleksi PPPK tahap 3, pemerintah saat ini diketahui tengah menyelesaikan tahapan akhir dari CASN tahun 2021 tahun lalu.


Hal ini seperti disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo sebagaimana dilansir Media dari laman menpan.go.id, Senin 4 Maret 2022.


Tjahjo mengatakan tahapan CASN tahun 2021 belum sepenuhnya selesai.


"Seleksi PPPK tahap 1 dan 2 telah selesai, dan tahap 3 akan segera digelar," kata Mentri PANRB Tjahjo Kumolo, dikutip dari laman menpan.go.id.


Meski demikian Mentri PANRB meminta agar seluruh tahapan seleksi CASN tahun 2021 segera diselesaikan.


Perlu diketahui, seleksi PPPK tahap 3, akan diikuti oleh pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II dan dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia.


Seleksi PPPK tahap 3 dapat diikuti oleh:


a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


b. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


c. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan


d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.


Meski belum ada kabar kejelasan seleksi PPPK tahap 3, peserta sudah bisa mulai mempersiapkan diri.


Terpisah, Sekretaris Ditjen Guru, Tenaga (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani menyebutkan jika sampai saat ini belum ada informasi pendaftaran PPPK guru tahap 3.