Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESMI JADWAL PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022, Seleksi Dilakukan Bulan Juli! Cek 2 Terobosan Baru Kemdikbud Permudah Guru LULUS

Belajardirumah.org -  Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan proses perekrutan untuk CASN PPPK guru tahap 3 tahun 2022.

Di mana pada pelaksanaan PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini, Pemerintah akan membuat terobosan baru bagi guru, khususnya guru honorer.

Seperti diketahui tujuan diadakannya rekrutmen PPPK guru di tahap 1, 2, maupun 3 merupakan langkah Pemerintah untuk mengangkat guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Di mana Pemerintah menginginkan pada rekrutmen guru honorer menjadi PPPK guru ini dapat mensejahterahkan guru yang selama bertahun –tahun telah mendidik anak bangsa.

Pemerintah yang melihat kesejahteraan guru honorer yang terbilang masih kurang, dengan adanya PPPK guru di tahap 3 ini, Pemerintah akan membuat dua terobosan baru.

Pertama, Kemdikbud akan memprioritaskan guru honorer yang telah lulus passing grade, tetapi belum mendapatkan formasi pada tahap 1 dan 2 di tahun 2021 lalu.

Di mana guru honorer yang telah lulus passing grade tersebut, tidak akan mengikuti tes kembali, dalam artian dapat langsung pemberkasan.

Kedua, bagi guru honorer sekolah negeri yang berasal dari sekolah induk, Kemdikbud akan membuka afirmasi yang seluas-luasnya dalam bentuk kesempatan terbesar untuk guru tersebut dapat segera mendapatkan formasi dan dapat mengajar di sekolah asalnya.

Dua terobosan baru tersebut yang diberikan Kemdikbud untuk guru honorer yang mengikuti PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini, akan menjadi kesempatan besar untuk guru honorer.

Lebih lanjut, perlu diketahui juga untuk tahapan kegiatan dalam rekrutmen CASN PPPK guru tahap 3 di tahun 2022 ini, yakni:

  1. Finalisasi data kebutuhan CASN, di bulan Maret
  2. Pembukaan e-formasi, di bulan Maret dan April
  3. Validasi usulan formasi, di bulan Mei
  4. Penetapan kebutuhan, di bulan Juni
  5. Penyampaian formasi ke K/L dan Pemda, di bulan Juni
  6. Integrasi data kebutuhan dengan SSCASN, di bulan Juni
  7. Pengumuman seleksi, di bulan Juni
  8. Pendaftaran SSCASN BKN, di bulan Juli
  9. Pelaksanaan seleksi, di bulan Juli.

Itulah tahapan kegiatan rekrutmen CASN PPPK guru tahap 3 tahun 2022. Sumber: https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/