Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal PPPK 2022 dan Aturan Baru Pemilihan Formasi, Guru Honorer Hanya Tekan ini Langsung Penempatan! Alhamdulillah

Belajardirumah.org -  Terdapat ketentuan baru terkait pemilihan formasi PPPK 2022, khusus untuk guru honorer prioritas pertama.

Ketika muncul pemilihan formasi PPPK 2022 atau dibuka formasi, nantinya sebagai peserta yang lulus passing grade diminta untuk konfirmasi persetujuan yang telah diberikan.

Hal itu sama sebagaimana yang dilakukan oleh THK2, guru swasta, honorer negeri, dan lulusan PPG terkait pemilihan formasi PPPK 2022.

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 pada paragraf 5 pasal 32, untuk seleksi prioritas pertama kedudukannya sama, yaitu menggunakan hasil seleksi tahun 2021 sehingga tidak ada tes kembali.

Sementara untuk laporan singkat hasil audiensi forum guru honorer lulus passing grade dari sekolah negeri dengan BKN dilaksanakan tanggal 28 Juni 2022.

Pada laporan tersebut terdapat mekanisme pengangkatan PPPK 2022. Untuk yang lulus passing grade, dalam sistem pemilihan formasi akan diarahkan oleh sistem untuk memilih formasi yang tersedia dan hanya konfirmasi dengan memilih tombol yes atau no.

Kendati demikian, terdapat pula kebijakan regulasi seleksi 2022 bahwa ASN tidak dapat dimutasi.

Dengan demikian, ketika melakukan pemilihan formasi dan diberikan pilihan formasi dan memilih tombol,  "Yes" harus dilakukan dengan pertimbangan secara cermat.

Pasalnya, untuk seleksi sesuai dengan mekanisme pertama yaitu penempatan guru yang lulus passing grade tidak terdapat ujian.

Penempatannya yaitu di tempat tugasnya masing-masing ataupun di satuan pendidikan yang sedang membutuhkan.

Jadwal pendaftaran yang lulus passing grade tahun 2022, untuk konfirmasi  pemilihan formasi dengan memilih tombol "Yes" atau "No" dijadwalkan dan diperkirakan pada pertengahan bulan Juli, jika tidak adanya kendala.

Diperkirakan pula mulai pertengahan Juli untuk pemilihan formasi, sedangkan pengangkatannya diprediksi dari pertengahan Juli hingga akhir bulan Agustus.

Apabila guru honorer login menggunakan akun pribadi, maka sesuai dengan ijazah atau serdik yang dimiliki, nantinya akan disesuaikan formasi yang dipilihkan.

Sebagai peserta, apakah menyetujui sekolah yang direkomendasikan Kemdikbud Ristek.

Pemilihan formasi rekomendasi Kemdikbud Ristek sesuai data yang diambil dari Dapodik yang telah diperhitungkan dengan lokasi jarak.

Aturan tersebut berlaku untuk prioritas pertama yaitu THK2, guru honorer negeri, PPG, dan swasta sesuai urutan yang ditentukan.

Jika formasi masih tersedia, dilanjutkan dengan mekanisme seleksi kedua PPPK Guru tahun 2022.