Info Terbaru PPPK 2022: Pelamar Umum Wajib Tahu, Begini Cara Mudah Membuat Akun SSCASN, Nomor 4 Tidak Boleh Salah

Advertisement

Info Terbaru PPPK 2022: Pelamar Umum Wajib Tahu, Begini Cara Mudah Membuat Akun SSCASN, Nomor 4 Tidak Boleh Salah

Sabtu, 10 September 2022

Belajardirumah.org -  Dalam pelaksanaan PPPK 2022 terdapat pelamar yang tidak harus membuat akun SSCASN dan harus buat akun SSCASN guna melangsungkan pendaftaran pasca dibuka secara resmi oleh pemerintah.

PPPK 2022 diperkirakan akan dilangsungkan pada bulan September ini, sehingga ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan bagi pelamar. Salah satunya yaitu memiliki akun SSCASN PPPK 2022.

Semua pelamar baik pelamar P1, P2, P3, maupun pelamar umum harus miliki akun SSCASN untuk mendaftar seleksi PPPK 2022.

Terlebih lagi bagi pendaftar kategori pelamar umum yang belum memiliki akun, diwajibkan untuk membuat akun SSCASN terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Hal tersebut menjadi sangat penting, sebab dengan memiliki akun SSCASN nantinya dapat mengikuti proses tahapan seleksi selanjutnya.

Untuk dapat membuat akun SSCASN PPPK 2022, peserta dapat memahami cara membuatnya melalui juknis pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di tahun sebelumnya yang pernah dikeluarkan.

Hal tersebut dikarenakan, masih adanya kemungkinan dalam proses pembuatan akun SSCASN PPPK 2022 langkah pembuatanya tidak jauh berbeda dengan pembuatan akun SSCASN di tahun sebelumnya.

Pembuatan akun SSCASN PPPK 2022 tidak hanya dikhususkan untuk guru honorer saja, akan tetapi juga berlaku bagi semua calon peserta PPPK 2022, baik peserta guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan peserta golongan lainnya.

Ada beberapa cara/langkah dalam membuat akun SSCASN PPPK 2022, berikut diantaranya :

1. Silahkan anda kunjungi media browser contohnya Google Chrome, lalu ketikan sscasn.bkn.go.id.

2. Kemudian silahkan anda lakukan registrasi dengan cara menekan tombol “Buat Akun” yang tersedia pada laman utama “Selamat Datang di Portal SSCASN” yang akan anda temui pada layar.

· Berikutnya, silahkan anda lakukan Pengecekan Identitas yang anda miliki. Pada bagian ini akan ditampilkan beberapa hal yang harus anda isi, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap sesuai pada KTP, tempat dan tanggal lahir, nomor HP aktif, serta email pribadi yang aktif;

3. Jika terdapat petunjuk untuk memasukkan kode Captcha, silahkan anda masukkan kode Captcha yang tertuang pada laman kemudian Klik lanjutkan.

4. Jika kemudian anda temui/muncul pesan galat NIK dan Nomor KK tidak sesuai, maka anda akan dipersilahkan untuk mengikuti instruksi yang tercantum pada laman tersebut. Pada tahap ini anda akan diminta untuk tidak menghubungi BKN selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

5. Berikutnya yaitu, anda akan diminta untuk melengkapi beberapa data. Pada layar akan muncul “PERHATIKAN! Pastikan nama, tanggal lahir, dan ijazah sesuai dengan ijazah yang digunakan dalam pendaftaran”.

6. Berikutnya silahkan anda isi nama anda tanpa gelar sesuai contoh yang disediakan pada laman yang anda sedang buka nantinya.

7. Pada kolom yang telah diisikan pada bagian sebelumnya tidak perlu lagi anda isikan, dikarenakan otomatis pada kolom ini telah terisi. Selanjutnya anda akan diminta untuk isi kolom “Jenis Kelamin”.

8. Silahkan anda lakukan scan KTP dan upload pada kolom yang telah ditentukan pada laman. Biasanya ukuran file yang diunggah dalam bentuk JPG/JPEG dengan maksimal 200 KB.

9. Anda juga akan diminta untuk mengupload swafoto yang anda miliki, dan juga akan diminta membuat password beserta beberapa pertanyaan pengaman password.

10. Jika telah selesai, maka anda akan diminta kembali mengisi kode Captcha pada layar, kemudian silahkan klik lanjutkan.

11. Langkah berikutnya yaitu “Pengecekan Ulang Data”.

Pada tahap ini anda akan diminta untuk memastikan bahwa data yang telah anda unggah pada laman sebelumnya secara keseluruhan telah benar-benar sesuai.

Jika data yang telah anda isi dan unggah telah benar-benar sesuai, maka anda akan diminta untuk melakukan klik “Pendaftaran Akun”. Namun tetapi apabila pada data yang anda isi dan unggah belum benar maka anda akan diminta untuk klik “Kembali”.

12. Anda akan diminta mengkonfirmasi kembali data yang telah anda isi.

Hal tersebut akan muncul pada layar laman yang anda akses “Apakah data yang Anda isikan sudah sesuai/benar? Cek kembali jika belum yakin.” Kemudian anda akan dipilihkan pada pilihan “tidak” dan “iya”.

13. Yang terakhir yaitu silahkan pilihlah menu Cetak Informasi Pendaftaran dan Lanjutkan Login Pendaftaran.

Pada tahap ini, anda boleh memilih untuk mencetak ataupun menyimpan kartu informasi pendaftaran tersebut.