Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INI INFO TERBARU PPPK 2022: Guru Kategori P2 dan P3 akan Jalani Hal Ini, Resmi dari Kemdikbud

    Belajardirumah.org -  Guru yang mengikuti seleksi PPPK 2022 khususnya dari kategori pelamar P2 dan P3 harus terus berjuang.

Sebab setelah adanya pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK 2022, pelamar P2 dan P3 masih harus menjalani seleksi lagi.

Seleksi yang dimaksud adalah seleksi verifikasi atau penilaian kesesuaian, bagi seluruh pelamar P2 dan P3 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Menurut jadwal yang diumumkan dalam laman resmi guru PPPK Kemdikbud, bahwa seleksi verifikasi atau penilaian kesesuaian berlangsung pada tanggal 27 November mendatang.

Artinya hanya kurang empat hari lagi bagi pelamar P2 dan P3 untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi verifikasi tersebut.

Pelamar P2 meliputi guru THK-II yang tidak masuk dalam kategori THK-II pada kategori P1, dan pelamar P3 merupakan guru non ASN yang aktif mengajar dan terdaftar di Dapodik selama minimal 3 tahun.

Bagi pelamar P2 dan P3 tersebut yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka harus mencermati beberapa hal berikut untuk mengikuti seleksi verifikasi.

- Pertama, seleksi verifikasi atau penilaian kesesuaian akan diberlakukan jika masih tersedia kuota formasi dari pelamar P1 atau para guru yang telah lulus passing grade di seleksi PPPK 2021.

- Kedua, pelamar P2 dan P3 akan dinilai berdasarkan 4 dimensi, yaitu:

1. Dimensi kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik. Dalam hal ini, dipertimbangkan linieritas antara bidang tugas atau mata pelajaran dengan:

Kualifikasi akademik sarjana atau S1, atau

Kualifikasi akademik diploma empat atau D-IV, dan/atau

Sertifikat pendidik

2. Dimensi kompetensi teknis, yang mempertimbangkan 4 aspek, yakni:

Profesional

Pedagogik

Sosial

Kepribadian

3. Dimensi kinerja, yang juga mempertimbangkan 4 aspek, yakni:

Orientasi pelayanan

Komitmen

Inisiatif kerja

Kerja sama

4. Dimensi terakhir yakni pemeriksaan latar belakang, dengan pertimbangan sebagai berikut:

Perundungan

Kekerasan s3ksual

Penyalahgunaan nark0tika, psikotr0pika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA)

Intoleransi

Selain seleksi verifikasi atau penilaian kesesuaian, pelamar P2 dan P3 juga akan melewati tahapan seleksi wawancara, yang akan mempertimbangkan aspek integritas dan moralitas.

Seleksi verifikasi atau penilaian kesesuaian oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior akan dilaksanakan pada 27 dan 28 November 2022.

Kemudian tanggal 29 November sampai 3 Desember 2022 akan ada penilaian kesesuaian dari Dinas Pendidikan dan BKPSDM.

Demikian informasi resmi ini dan semoga bermanfaat.***