Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEGERA Cek! 7 Dana Bansos yang akan Cair Pada Januari 2023, Segini Jumlah Dana yang Masuk ke Kantong Pendaftar

Belajardirumah.org - Beberapa waktu lalu pemerintah telah mengumumkan akan tetap terus menggulirkan bantuan sosial atau bansos 2023 untuk mendongkrak daya beli masyarakat.

Adapun program bantuan sosial yang telah disalurkan pada tahun 2022 akan dilanjutkan sebagai program bantuan pada tahun 2023, seperti bantuan sosial mulai dari BSU, PPKM BPNT dan BST. Tahun 2023 diperkirakan akan ada 7 bansos.

Bantuan sosial ini juga bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat kelas bawah.

Diulas kanal YouTube`PKH REPORTASE, adapun 7 daftar bansos yang akan disalurkan di 2023 adalah sebagai berikut.

1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau Sembako

Bantuan Sembako BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai yang merupakan perpanjangan dari program 2022 dengan target sebanyak 18.8 juta penerima Bantuan Sembako BPNT dengan besaran Rp200 ribu per bulannya.

Akan tetapi bantuan ini masih belum ketahuan apakah akan masuk dalam Bantuan Keluarga Sejahtera (KKS) atau bukan. Jika masuk dalam KKS berarti tidak dapat diambil secara tunai dan bantuan akan terakumulasi jika tidak diambil dalam bulan tersebut.

2. PKH atau Program Keluarga Harapan

Pemerintah akan menargetkan PKH terhadap 10 juta keluarga penerima dengan besaran Rp3 juta yang diperuntukan pada ibu hamil, anak usia dini. Selain itu juga ada Rp900 ribu untuk anak SD, Rp1.5 juta untuk pelajar SMP atau sederajat, 2 juta rupiah untuk pelajar SMA atau sederajat serta untuk lansia sebesar Rp2.4 juta.

3. Bansos PIP

Bansos PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan bansos dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang ditujukan pada 17.9 juta siswa Tanah Air, mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat.

4. PIP Kementerian Agama

Bansos PIP seperti PIP Kemendikbud Ristek, namun dikhususkan untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama.

5. Bansos KIS PBI

Bansos KIS PBI merupakan bantuan sosial untuk pembayaran iuran BPJS kesehatan oleh pemerintah.

6. Bansos Prakerja

Bantuan yang telah disalurkan pada 2022 ini akan terus berlanjut pada 2023 mendatang, bagi masyarakat yang belum menerima bansos Kartu Prakerja dapat mendaftar untuk periode 2023. Pemerintah sendiri mengalokasikan dana mencapai Rp5 triliun untuk bansos Prakerja dengan target 1,5 juta pendaftar.

7. Bansos BLT Dana Desa

Bansos BLT Dana Desa merupakan bantuan sebesar Rp300 ribu dan merupakan program 2022. Nantinya BLT Dana Desa akan diganti dengan nama BKT Kemiskinan Ekstrim, meskipun besaran bantuan masih sama namun penerima akan berkurang.***