SEGERA Cek 2 KABAR GEMBIRA Kemdikbud untuk THK-II dan Guru Honorer Se-Indonesia Jelang Pengumuman Kelulusan PPPK 2022

Advertisement

SEGERA Cek 2 KABAR GEMBIRA Kemdikbud untuk THK-II dan Guru Honorer Se-Indonesia Jelang Pengumuman Kelulusan PPPK 2022

Sabtu, 11 Februari 2023

Belajardirumah.org - Para guru honorer dan THK-II mendapatkan kabar gembira dari Kemdikbud berkaitan dengan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 yang akan diumumkan sebentar lagi di bulan Februari 2023 ini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menggelar seleksi PPPK guru 2022 untuk memenuhi kebutuhan guru ASN PPPK di berbagai satuan pendidikan.

Seleksi PPPK guru ini telah diikuti pelamar dari berbagai kategori yang dibagi berdasarkan skala prioritas pengangkatan, yakni prioritas 1, 2, 3 atau P1, P2, P3, dan pelamar umum.

Guru yang termasuk THK-II termasuk dalam kategori pelamar P1 (bagi yang lulus passing grade) dan P2 (bagi yang tidak lulus passing grade).

Sementara itu, guru honorer termasuk ketagori pelamar P1 (bagi yang lulus passing grade) dan P3 (bagi yang tidak lulus passing grade).

Nah berikut ini 2 kabar gembira yang ditujukan untuk pelamar THK-II dan guru honorer jelang pengumuman hasil kelulusan PPPK guru 2022 yang dirangkum dari portal resmi Kemdikbud.

1. Semakin Banyak yang Direkrut

Hasil kelulusan PPPK guru 2022 bagi seluruh kategori pelamar seharusnya diumumkan pada tanggal 2 dan 3 Februari 2023 lalu.

Namun, karena beberapa hal, pengumuman yang begitu dinanti oleh para pelamar harus ditunda.

Di balik penundaan ini, ternyata ada kabar baik yang dipersiapkan bagi seluruh pelamar. Hal ini disampaikan oleh Plt Ditjen GTK Kemdikbud Nunuk Suryani.

Dikutip dari laman GTK Kemdikbud, Nunuk Suryani mengonfirmasi bahwa setelah dilakukan seleksi ASN PPPK 2022 untuk formasi P1, P2, P3, dan pelamar umum, ternyata masih ada formasi kosong dan kuota yang belum terserap.

Nunuk mengaku pihaknya ingin memperjuang kuota kosong ini agar bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi guru sehingga jumlah guru yang diterima menjadi ASN PPPK lebih banyak lagi.

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar dapat diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi. Saya harap hal ini dapat dipahami, karena kami ingin jumlah ASN PPPK yang diterima lebih banyak,” kata Nunuk.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi guru honorer maupun THK-II, khususnya P2 dan P3 yang bisa jadi pada pengumuman awal dinyatakan tidak lulus, setelah optimalisasi kuota ini menjadi dinyatakan lulus.

Adapun bagii THK-II dan guru honorer P1 tinggal menunggu penempatan karena sudah dipastikan lulus seleksi PPPK guru 2022.

2. Penempatan

Berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang pengadaan PPPK untuk JF Guru pada instansi daerah, Nunuk mengatakan bahwa Kemdikbud bisa memberikan rekomendasi penempatan di sekolah lain bagi guru yang saat ini bekerja namun tidak sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya.

Hal ini juga merupakan kabar baik, terlebih salah satu permasalahan seleksi PPPK guru sebelumnya adalah berkaitan dengan penempatan guru.

Untuk itu, Nunuk menegaskan bahwa penundaan pengumuman ini dilakukan untuk memberi kesempatan lebih besar kepada guru menjadi ASN PPPK.

“Kami meminta pengertian atas penundaan pengumuman seleksi guru ASN PPPK Tahun 2022, tidak lain tujuannya agar kesempatan menjadi ASN PPPK semakin terbuka untuk diisi. Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari sesuai arahan BKN,” jelas Nunuk.