SEGERA Cek Jadwal Terbaru Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022, Semoga Tidak Ada Penundaan Lagi…

Advertisement

SEGERA Cek Jadwal Terbaru Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022, Semoga Tidak Ada Penundaan Lagi…

Senin, 13 Februari 2023

Belajardirumah.org - Penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 pada tanggal 3 Februari lalu membuat para guru peserta seleksi PPPK kecewa.

Hal ini bisa dipahami, terlebih bagi guru yang telah lulus passing grade seleksi PPPK JF guru tahun 2021 atau guru prioritas 1 (P1) yang tinggal menunggu pengumuman lokasi penempatan.

Dengan adanya penundaan pengumuman ini, para guru maupun peserta PPPK guru 2022 harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa diangkat menjadi ASN PPPK.

Lantas, kapan jadwal terbaru pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 dirilis? Simak informasi selengkapnya beserta pernyataan resmi dari Plt. Dirjen GTK Kemdikbud Nunuk Suryani.

Tenaga Guru jadi Prioritas ASN PPPK

Meskipun mengalami penundaan pengumuman, para guru wajib bersyukur karena profesi guru saat ini menjadi prioritas pemerintah dalam seleksi calon ASN PPPK tahun 2022 dan 2023.

Hal ini telah disampaikan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada berbagai kesempatan saat menyampaikan perihal seleksi calon ASN tahun 2023.

Dilansir BeritaSoloraya.com dari portal resmi menpan.go.id, pada tahun 2023 ini, salah satu arah kebijakan seleksi CASN 2023 masih sama seperti tahun 2022 lalu, yakni pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar yang meliputi guru dan nakes.

Lebih spesifik, Menpan RB menekankan tahun 2023, pemerintah akan mengoptimalkan pengangkatan guru dan nakes honorer untuk menjadi ASN PPPK.

Dengan demikian, para guru honorer setidaknya dapat sedikit bernafas lega karena menjadi salah satu prioritas untuk diangkat menjadi ASN PPPK.

Alasan Penundaan Pengumuman

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan guru dalam seleksi ASN PPPK, Plt Dirjen GTK Nunuk Suryani mengatakan bahwa panitia seleksi nasional (Panselnas) masih berusaha untuk mengoptimalkan formasi kosong.

Pasalnya, setelah dilakukan seleksi untuk pelamar seluruh prioritas, ternyata masih ada formasi kosong.

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar dapat diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi. Saya harap hal ini dapat dipahami, karena kami ingin jumlah ASN PPPK yang diterima lebih banyak,” kata Nunuk.

Inilah alasan yang dipaparkan Plt Dirjen GTK Nunuk Suryani mengenai penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022.

Dikutip dari portal resmi GTK Kemdikbud, Nunuk meminta pengertian dari para peserta PPPK guru 2022 dan pihak-pihak terkait atas penundaan pengumuman ini.

“Kami meminta pengertian atas penundaan pengumuman seleksi guru ASN PPPK Tahun 2022, tidak lain tujuannya agar kesempatan menjadi ASN PPPK semakin terbuka untuk diisi,” jelasnya.

Tanggal Pengumuman Hasil Seleksi PPPK guru 2022

Nunuk Suryani tidak menyebutkan tanggal pasti kapan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022.

Namun, sesuai arahan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nunuk Suryani mengatakan bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 akan diumumkan sekitar minggu ketiga atau keempat Februari 2023.

“Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari sesuai arahan BKN,” jelas Nunuk.

Dengan demikian, pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 diperkirakan akan diumumkan pada tanggal-tanggal di pekan ketiga dan keempat bulan Februari 2023.

Semoga tidak ada lagi penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 dan seluruh peserta mendapatkan hasil terbaik.