Para Siswa Baca, Mendikbud Nadiem: Ini 6 Profil Pelajar Indonesia

Para Siswa Baca, Mendikbud Nadiem: Ini 6 Profil Pelajar Indonesia

Kamis, 07 Mei 2020

Nadiem Makarim Puji Muhammadiyah di Acara Milad - Nasional Tempo.co

Belajardirumah.org -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) menetapkan 6 profil pelajar Indonesia. Adapun 6 profil itu disebut sebagai Profil Pelajar Indonesia Pancasila.

Hal ini adalah implementasi dari Program Penguatan Pendidikan karakter yang merupakan mandat Presiden Joko Widodo kemudian dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018.

Dalam acara Webinar di Jakarta, Selasa (5/5/2020), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim, menjelaskan 6 Profil Pelajar Pancasila, yakni:

1. Bernalar kritis dan dapat memecahkan masalah
Pelajar Indonesia harus bisa bernalar dan berpikir kritis. Tak hanya itu saja, pelajar juga bisa memecahkan masalah. Ini jadi aspek kognitif.

2. Harus mandiri
Seorang pelajar haruslah mandiri. Pelajar diharapkan mampu secara independen termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya.

3. Harus kreatif
Menjadi seorang pelajar untuk saat ini harus kreatif. Pelajar juga harus bisa menciptakan hal-hal yang baru.

"Tak hanya itu saja, pelajar harus bisa berinovasi secara mandiri, dan dia punya rasa cinta pada hal-hal kesenian dan budaya," ujar Nadiem seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemdikbud RI, Rabu (6/5/2020).

4. Punya sikap gotong royong
Menurut Nadiem, pelajar harus mempunyai sikap gotong royong. Semangat kolaborasi ini akan menjadi soft skills yang sangat relevan sampai kapanpun.

5. Sikap kebhinekaan global
Pelajar Indonesia harus mencintai keberagaman budaya, mencintai keberagaman agama dan ras secara internasional.

Menurut Nadiem, sudah harus ada perluasan pengetahuan budaya dari dalam negeri. Karena itu, pelajar Indonesia diminta memiliki rasa sebagai penduduk global yang wajib berkompetisi.

6. Berakhlak mulia
"Di sinilah moralitas, etika, spritual itu ada. Jadi mau enggak mau pendidikan karakter harus jadi pilar inti dari pembangunan pendidikan nasional," kata Nadiem.

Menurut Nadiem, keenam profil pelajar Pancasila tersebut akan menjadi pilar inti dari pola pembelajaran. Khususnya di zaman serba moderen seperti saat ini.

Sumber : Kompas