SEBAB BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Gagal Cair ke Rekening, Buruan Cek Namamu di Link Ini

Advertisement

SEBAB BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Gagal Cair ke Rekening, Buruan Cek Namamu di Link Ini

Kamis, 19 November 2020

Belajardirumah.org - Penting untuk diketahui rekan-rekan karyawan dimanapun berada, Dilansir dari website resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), hingga Senin, 16 November 2020, pemerintah telah menyalurkan bantuan BLT Subsidi Gaji/Upah BPJS Ketenagakerjaan kepada penerima manfaat, yaitu sebanyak 8.042.847 pekerja/buruh pada termin 2 kali ini.


Namun, pada pencairan BSU termin 1 lalu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga mengungkapkan ada sebanyak 151 ribu rekening yang bermasalah dan menyebabkan bantuan BSU Subsidi Gaji/Upah BPJS Ketenagakerjaan gagal cair ke rekening pekerja/buruh.


“Selain itu, terdapat rekening yang tidak sesuai NIK dan rekening yang tidak terdaftar di kliring. Jumlahnya rekening bermasalah ini mencapai 151 ribu rekening,” ungkap Menaker Ida Fauziyah dikutip dari laman resmi Kemnaker, Selasa, 17 November 2020


Dikutip Berita DIY dari laman resmi Kemnaker, BLT Subsidi Gaji/Upah BPJS Ketenagakerjaan tersebut gagal cair ke rekening pekerja/buruh, disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:


  1. Adanya duplikasi rekening
  2. Rekening pekerja/buruh sudah tutup
  3. Rekening penerima manfaat pasif
  4. Rekening pekerja tidak valid
  5. Rekening karyawan telah dibekukan
  6. Nama di NIK dan di rekening berbeda
  7. Rekening yang didaftarkan untuk BSU menggunakan rekening Giro.

Dalam hal ini, Menaker Ida Fuziyah berharap, masyarakat yang terkendala maslah ini dimohon segera berkomunikasi dengan manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan agar datanya segera diperbaiki, dan BLT Subsidi Gaji/Upah dapat segera cair ke rekening.


“Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan, sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker,” tambah Menaker Ida Fauziyah.


Bagi pekerja yang ingin cek namanya apakah menerima atau tidak BLT Subsidi Gaji BPJS ini, dapat melakukan cek melalui cara berikut ini, sebaliknya jika belum menerima, harap segera cek kembali rekening dan data pekerja.


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di link kemnaker.go.id
  2. Pada pojok kanan atas, klik Daftar
  3. Jika belum memiliki akun, klik Daftar Sekarang yang terdapat pada bagian bawah kolom masuk
  4. Mulai isi data diri, masukkan NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, Password, kemudian klik Daftar Sekarang
  5. Apabila sudah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT melalui SMS ke nomor HP pendaftar
  6. Lakukan aktivasi akun, masuk kembali ke website, dan klik Masuk pada bagian pojok kanan atas website
  7. Lanjutkan pengisian formulir dengan lengkap
  8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan pada dashboard, apakah pendaftar masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi Gaji yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.


Apabila nama pendaftar sudah terdaftar dalam sistem Kemnaker, namun belum mendapatkan bantuan Subsidi Gaji, dapat melakukan Kirim Aduan untuk menyampaikan keluhannya.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Sebab kenapa BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Tahap 2,3, 4 dan 5 Gagal Cair ke Rekening. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat semua yang masih bingung kenapa bantuan BLT BPJS Tak Kunjung cair ke rekening. Sekian dan terima kasih atas kunjungan teman-teman semua. ***