TERBARU ! 7 Daftar BLT yang Cair November 2020, Ada BLT Guru Honorer Hingga Subsidi Listrik

Advertisement

TERBARU ! 7 Daftar BLT yang Cair November 2020, Ada BLT Guru Honorer Hingga Subsidi Listrik

Senin, 02 November 2020

Belajardirumah.org -     Informasi mengenai daftar Bansos dan BLT yang akan cair di bulan November 2020 sangat diperlukan bagi masyarakat yang sedang berada dalam krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.


Seperti yang diketahui bahwa Pemerintah akan mencairkan sejumlah bantuan sosial (bansos) di bulan November 2020, oleh karena itu tim Fix Indonesia telah mengumpulkan daftar bansos dan BLT yang akan cair di November dilansir dari berbagai sumber:


1. BLT Guru Honorer dan PTK non PNS.


BLT Rp 2,4 juta guru honorer dan PTK non PNS adalah bantuan yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) atau subsidi gaji kepada 3 juta guru honorer dan PTK non PNS serta guru agama melalui Kemdikbud dan Kemenag.


Dana BLT Rp 2,4 juta per-orang tersebut berasal dari pengalihan penyaluran BLT sebelumnya dimana sebelumnya tidak lolos validasi data.


Rencananya dana ini akan dicairkan di awal November 2020, imbuhnya. Rincian pembagian bantuan Rp2,4 juta tersebut, para guru honorer yang mendaftar akan mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.


Untuk mengetahui info lebih lanjut terkait cara mendaftar bantuan ini, Anda bisa login di link berikut https://info.gtk.kemdikbud.go.id


2. BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2


Informasi terbaru, jadwal pencarian BLT BPJS KetenagakerjaanGelombang 2 ternyata bukan bulan Oktober. Melansir dari laman resmi Kemnaker.go.id, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan, nantinya dana BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 akan segera cair pada awal November mendatang.


Namun tentunya tidak ditransfer dengan sekali waktu sekaligus, penyaluran ini bertahap, disalurkan dalam 4 bulan dengan nominal Rp1,2 juta dalam 2 bulannya.


 “Kami targetkan pembayaran termin II dapat disalurkan pada awal bulan November setelah proses evaluasi penyaluran subsidi gaji/upah termin I ini selesai," Ujar Ida.


Untuk info lebih lanjut terkait cara mendaftar bantuan ini, mengkonfirmasi langsung kepada perusahaan tempat mereka bekerja yang memasukan data terkait program BPJS.


Cara lain adalah langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau link berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id  atau bisa juga langsung menghubungi kantor BPJS pusat secara langsung atau menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan via ponsel/handphone, ke nomor 175 pada telepon atau ponsel.


3. BNPT cair melalui KKS


Tetap cair di bulan november dan desember kemungkinan besar akan cair karena bansos ini cair setiap bulan khususnya saat pandemi covid-19. Selama pandemi belum selesai BNPT tetap akan cair setiap bulan.


Untuk mengetahui info lebih lanjut terkait cara mendaftar bantuan ini, Anda bisa login di link berikut cekbansos.kemsos.go.id


4. BST Rp 300 Ribu


Bantuan sosial (bansos) BST Rp300 ribu tahap 7 sudah dicairkan pemerintah melalui Kemensos di Oktober 2020 dan akan terus disalurkan di bulan November 2020 hingga 2021.


Jika Anda hendak mengambil bantuan ini Anda wajib membawa surat yang telah dikirim oleh PT Pos Indonesia, jika Anda terdaftar melalui Pos, namun jika terdaftar di Himbara segera cek rekening Anda.


Mulai bulan Juli atau tahap 4 nominalnya turun dari Rp600 ribu jadi Rp300 ribu. Untuk diketahui bantuan ini bersumber dari Kemensos dan dana Desa.


5. Subsidi Listrik PLN


Pemberian keringanan tagihan listrik kepada para pelanggan listrik nonsubsidi PLN bertujuan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19.


Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan bahwa penurunan tarif tenaga listrik untuk pelanggan nonsubsidi tegangan rendah ini diharapkan dapat membantu masyarakat serta mendukung stabilitas ekonomi nasional di masa pandemi ini.


Untuk mengecek apakah Anda termasuk pelanggan listrik nonsubsidi yang mendapatkan keringanan atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan melalui WA ke nomor 08122123123 dan Anda dapat memulai perbincangan dengan mengetik keyword “Listrik Gratis maupun Web resmi PLN di link berikut ini https://stimulus.pln.co.id/


6. Bansos Kuota Internet


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyalurkan bantuan kuota data internet tahap satu dan dua September kepada 27.305.495 nomor telepon selular (ponsel) pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia.


Melansir dari website resmi Kemendikbud, Jumlah tersebut diyakini akan terus meningkat, seiring dengan proses pemutakhiran data, verifikasi validasi dan penyempurnaan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari pimpinan satuan pendidikan.


Bantuan kuota internet masih akan terus berlanjut hingga bulan Desember mendatang khusus untuk pendidikan.


Penyaluran bansos kuota gelombang ketiga tahap I pada tanggal 22-24 November 2020 dan tahap II pada tanggal 28-30 November 2020.


Untuk mengecek apakah Anda telah mendapatkan bantuan, ini akan tergantung pada jenis provider yang Anda daftarkan sebagai nomor penerima kuota.


7. BLT UMKM Rp 2,4 juta


BLT UMKM Rp 2,4 juta Tahap 2 telah resmi dibuka dengan jadwal pendaftaran dari 13 Oktober 2020 hingga 25 November 2020 dan pencairannya akan secara bertahap dimasing-masing daerah.


Diketahui, penerima bantuan uang tunai sebesar Rp2,4 juta ini, juga kembali ditambah pada tahun ini. Dari tahap awal sebanyak 9,1 juta UMKM, naik menjadi 12 juta, dan terakhir diusulkan kembali menjadi 15 juta pelaku UMKM.


Namun jika anda belum mendaftar untuk mendapat bantuan, anda dapat menghubungi Dinas Koperasi dan UMKM sesuai domisili. Calon penerima bantuan dapat pula diusulkan oleh koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum.