Bunda, Awal Masuk Sekolah Januari 2021, Siswa dan Guru Tidak Langsung Belajar, Tapi...

Advertisement

Bunda, Awal Masuk Sekolah Januari 2021, Siswa dan Guru Tidak Langsung Belajar, Tapi...

Sabtu, 19 Desember 2020

Bunda, Awal Masuk Sekolah Januari 2021, Siswa dan Guru Tidak Langsung Belajar, Tapi...

Belajardirumah.org - Bunda, Awal Masuk Januari 2021, Siswa dan Guru Tidak Langsung Belajar, Tapi... Nadiem menyatakan kebijakan pembelajaran tatap muka untuk sekolah mulai 2021 sangat tergantung dengan izin orang tua siswa. Orang tua berhak untuk tidak mengizinkan anaknya masuk sekolah di masa pandemi COVID-19 yang masih belum usai ini. "Kalaupun sekolahnya dibuka bahwa orang tua masih bisa tidak memperkenankan anaknya untuk datang ke sekolah untuk tatap muka. Jadi hak terakhir dari siswa individu masih ada di orang tua," kata Nadiem.


Ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah dibuka atau tidak. Pertama, pemerintah daerah setempat. Kedua, kepala sekolah setempat. Ketiga, komite sekolah yang berisi perwakilan orang tua dan wali murid.


Hal tersebut ditindaklanjuti Dinas Pendidikan Kota Bekasi yang akan menggelar simulasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah mulai awal Januari 2021. Protokol kesehatan wajib diterapkan di sekolah dengan menyediakan thermogun atau pengecekan suhu di depan sekolah dan wastafel portable pada setiap sudut sekolah.



“Arahan dari menteri (tes swab Covid-19) bagi guru dan siswa juga ada, Pak Walikota sudah menindaklanjuti, jadi diawal januari akan dilaksanakan swab tes, tidak langsung belajar” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah. Menurut dia, peraturan tersebut berlaku untuk sekolah negeri dan swasta. Untuk sekolah swasta, biaya swab tes akan dibebankan kepada pihak yayasan. 


Sedangkan untuk sekolah negeri, biaya tes kesehatan akan dibebankan kepada dan bantuan operasional sekolah (BOS).Saat ini,lembaganya Bersama Tim Role Model Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas masih terfokus membentuk regulasi sebagai acuan KBM tatap muka tahun 2021.


Untuk diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan. keputusan soal pembelajaran semester genap pada tahun akademik 2020/2021 ada di tangan pemerintah daerah (Pemda), komite sekolah, dan para orang tua.Ketiga pihak itu, sekolah masing-masing daerah bisa menentukan belajar tatap muka atau masih belajar dari rumah.


Artikel ini tayang di belajardirumah.org dengan judulBunda, Awal Masuk Sekolah Januari 2021, Siswa dan Guru Tidak Langsung Belajar, Tapi...