BURUAN Temui RT/RW Sebelum Hangus! BST Bansos Rp300 Ribu KK PKH, Terakhir Cair Desember 2020, Lihat Nama Penerima

BURUAN Temui RT/RW Sebelum Hangus! BST Bansos Rp300 Ribu KK PKH, Terakhir Cair Desember 2020, Lihat Nama Penerima

Jumat, 18 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan melanjutkan program Bansos Tunai (BST) hingga enam bulan pertama tahun 2021, sayangnya BST Bansos Rp 300 Ribu per KK PKH hanya sampai Desember 2020.


Sebelum terjerat kasus korupsi hal ini sempat disampaikan langsung oleh Menteri Sosial Juliari P. Batubara. Ia memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) atau bansos tunai akan diperpanjang hingga Juni 2021. 


Perpanjangan penyaluran BST ini dilakukan pemerintah untuk membantu masyarakat yang perekonomiannya terganggu akibat pandemi Covid-19.


Ari juga menambahkan bahwa sasaran program Bansos Tunai (BST) pada tahun 2021 akan meliputi 34 provinsi di Indonesia.


Meskipun begitu, besaran BST akan lebih kecil pada tahun 2021. Diketahui sebelumnya BST disalurkan dengan nilai Rp600.000 dan Rp300.000 per KPM. Sedangkan, pada penyaluran tahun depan besaran BST hanya sebesar Rp200.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).


"Presiden Joko Widodo sudah menyetujui soal perpanjangan BST. Namun, untuk sementara dana BST-nya lebih kecil, yakni Rp200.000 per KPM," ujarnya saat ditanya mengenai alasan dana BST yang lebih kecil.


Sekretaris Jenderal Kementrian Sosial, Hartono Laras memberikan pernyataan bahwa program bansos BST akan tetap berjalan di tengah pemeriksaan kasus korupsi para pejabat Kemensos oleh KPK terkait korupsi dana Bansos.


 “Kami beserta jajaran di Kemensos akan terus bekerja keras untuk melaksanakan dan menjalankan program reguler maupun khusus dari sisa kegiatan kami tahun 2020 yang akan segera berakhir,” kata Hartono, Minggu 6 Desember 2020 seperti dilansir Fix Indonesia dari Antara.


Hartono menambahkan saat ini Kemensos tengah menunggu arahan dari pemimpin ad-interim yang akan ditunjuk.


Tidak ada yang berubah, sebab jajaran pegawai Kemensos akan mempersiapkan pelaksanaan rencana program bansos hingga tahun 2021.


Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mencatat ada 29 juta warga miskin di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 20 juta sudah mendapat bantuan bantuan dari Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 10 juta diantaranya mendapat Program Keluarga Harapan (PKH).


Sedangkan, Nilai BST Gelombang I sebesar Rp600.000 per KPM yang disalurkan selama tiga tahap yakni April-Mei-Juni. Sebaliknya, Gelombang II sebesar Rp300.000 per KPM selama enam tahap yakni Juli-Desember 2020.


Untuk melihat status masyarakat sebagai penerima BST Rp 300 ribu dari Kemensos, dapat mengikuti tata cara berikut:


  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/
  2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS).
  3. Pilih ID berupa NIK.
  4. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  5. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  6. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  7. Terakhir, klik kata 'cari'.
  8. Akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos

Sementara bagi Anda yang sudah mengecek namun belum terdaftar pada dtks.kemensos.go.id, Anda dapat melapor pada ketua RT/RW atau perangkat Desa tempat Anda tinggal.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang ada diseluruh Indonesia, artikel ini tayang dengan judul Temui RT/RW Sebelum Hangus! BST Bansos Rp300 Ribu KK PKH, Terakhir Cair Desember 2020, Lihat Nama Penerima. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung dilaman belajardirumah.org . ***