ALHAMDULILLAH Kabar Baik, Pemilik Kartu KIS Dapat Cairkan Bansos BST Rp300 Ribu dari Kemensos, Ini Caranya -->

ALHAMDULILLAH Kabar Baik, Pemilik Kartu KIS Dapat Cairkan Bansos BST Rp300 Ribu dari Kemensos, Ini Caranya

Rabu, 20 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu dan pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat pula mencairkan bantuan.


Program bantuan BST Rp300 ribu ini dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama yang terdampak pandemi Covid-19.


Sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima BST Rp300 ribu ditahun 2021 ini.


Tak hanya itu, masyarakat pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu dari Kemensos.


Awalnya, KIS adalah kartu BPJS Kesehatan, namun diganti pada 1 Maret 2015 menjadi KIS.


Selain PBI, peserta BPJS Kesehatan yang mendaftar pada Maret akan langsung mendapat KIS.


Jadi KIS hanya ganti nama saja. Namun ukuran, bentuk, dan fungsi kartunya sama saja. KIS bukanlah kartu untuk masyarakat miskin, tetapi seluruh peserta program JKN.


Pemilik KIS sudah tercantum sebagai penerima Bansos 2021 yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Penerima yang berhak mendapat Bansos 2021 juga termasuk dalam kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (KPH) tercatat di program.


Dikutip FIX INDONESIA dari situs Kemensos, info untuk calon penerima bantuan sosial (bansos) tunai Rp300 ribu per bulan yang belum mendapatkan bantuan bisa mengecek namanya di link dtks.kemensos.go.id.


Caranya, cukup login dengan identitas yang dimiliki yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).


Anda juga bisa menggunakan nomor identitas yang diperoleh saat warga resmi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sempat disebut Basis Data Terpadu (BDT).


Tak hanya itu, untuk cek bansos Rp300 ribu bisa juga menggunakan identitas berupa deretan nomor ID pada program Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Kartu Indonesia Sehat (KIS).


Jika satu dari tiga identitas tersebut ada, calon penerima bansos tunai bisa langsung login https://dtks.kemensos.go.iduntuk cek bansos Rp 300 ribu. Kolom login terdapat di sisi kiri atas tampilan desktop situs DTKS.


Pemilik KIS merupakan salah satu peserta yang berhak mendapatkan BST Rp300 ribu karena tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI).


Pemilik KIS bisa langsung melakukan cek di dtks.kemensos.go.id untuk memastikan terdaftar sebagai penerima bantuan. Berikut ini caranya:


  1. Klik dan login dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID kepesertaan DTKS yang diinginkan. Ada 3 pilihan yakni NIK, ID DTKS/BDT dan Nomor PBI JK/KIS
  3. Ketik nomor kepesertaan ID yang dipilih dalam DTKS
  4. Masukkan nama sesuai ID yang dipilih dalam DTKS
  5. Ketik kode captcha dalam kotak yang tersedia
  6. Klik Cari


Nantinya, di DTKS akan tertulis "Sistem akan mencocokkan ID dan Nama yang diketik dengan yang ada dalam database DTKS," Keterangan DTKS terkait cara kerja sistem tersebut.