Tarif Tak Naik, PLN juga Beri Listrik Gratis 6 Bulan , Ini Caranya!

Tarif Tak Naik, PLN juga Beri Listrik Gratis 6 Bulan , Ini Caranya!

Minggu, 03 Mei 2020

Cara Klaim Listrik Gratis 6 Bulan di www.pln.co.id untuk Pelanggan ...

Belajardirumah.org -  Konsumsi listrik selama kegiatan di rumah saja, work from home, dan study from home, dianggap sebagai penyebab dari semakin meningkatkanya penggunaan listrik rumah tangga.

Adanya peningkatan tagihan rekening listrik pada pelanggan rumah tangga itu lebih disebabkan oleh meningkatnya penggunaan listrik masyarakat akibat adanya pandemi virus corona yang membuat masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah.

“Kami memahami di tengah pandemi ini, kebutuhan masyarakat akan listrik bertambah. Peningkatan penggunaan listrik sangat wajar terjadi dengan banyaknya aktivitas di rumah.

Biasanya siang hari tidak ada aktivitas, saat ini kita harus bekerja dari rumah, otomatis penggunaan bertambah, misalnya untuk laptop dan pendingin ruangan,” kata Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka dalam informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 2 Mei 2020.

Selain itu, PLN juga memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan, termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya.

Seperti diketahui penetapan tarif dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. Untuk tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya.

“Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” tutur I Made Suprateka.

Sementara itu, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) juga memberikan informasi mengenai cara mendapatkan listrik gratis selama enam bulan.

Berdasarkan penjelasan PLN yang dihimpun di Jakarta, Sabtu 2 Mei, langkah pertama adalah memasuki laman website resmi PLN yaitu www.pln.co.id.


Kemudian akan ada bagan-bagan yang harus diisi oleh konsumen dalam pengisian data.

Dalam skemanya, tertera waktu gratis listrik diberikan selama 6 bulan dari Mei hingga Oktober 2020.

Dalam informasi tersebut, listrik gratis dapat diakses mulai 3 Mei 2020. Stimulus listrik gratis ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi dampak buruk ekonomi akibat wabah Covid-19.

Listrik gratis diberikan kepada pelanggan PLN 450 VA selama April hingga Juni 2020. Listrik gratis untuk pelanggan bisnis kecil dan industri kecil.***

Sumber : Pikiran-rakyat