TETAP SEMANGAT ! Guru Ini Keliling Rumah Siswa Tak Punya Handphone untuk Belajar Online

TETAP SEMANGAT ! Guru Ini Keliling Rumah Siswa Tak Punya Handphone untuk Belajar Online

Kamis, 23 Juli 2020

https: img.okezone.com content 2020 07 23 340 2250949 guru-di-kendari-keliling-rumah-siswa-tak-punya-handphone-untuk-belajar-online-O7nEeqx467.jpg

Belajardirumah.org -  Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 57 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tampak sepi, Kamis (23/7/2020), karena menerapkan belajar secara online dari rumah untuk para siswanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di lingkungan sekolah,

Namun, tida semua siswa bisa belajar secara online. Pasalnya, sejumlah siswa ada yang tidak memiliki gadget karena keterbatasan ekonomi orangtuanya.

"Tidak ada HP-ku (handphone), dengan tidak ada HP-nya mamaku dan bapaku," kata Sakinah, siswa SDN 57 Kendari, saat belajar tatap muka di rumah dengan seorang guru.

Karena itu, seorang guru SDN 57 Kendari, Normayanti, harus keliling dari rumah ke rumah untuk mengajarkan sejumlah siswa yang tidak memiliki handphone supaya tidak ketinggalan pelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Guru SDN 57 Kendari, Normayanti, keliling rumah siswa yang tak punya handphone untuk belajar online. (iNews/Asdar Zula)

Cara ini dilakukan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Setiap rumah, hanya lima hingga enam siswa yang bisa mengikuti proses belajar mengajar.

"Saya melakukan pembelajaran secara keliling. Jadi anak-anak yang tidak punya gadget dan tidak memiliki paket (internet) untuk belajar online, saya kumpulkan dalam beberapa orang. Tapi, tetap menjalankan protokol kesehatan. Kemudian saya bimbing dari rumah ke rumah," kata Guru SDN 57 Kendari, Normayanti.

Selain menjaga jarak, sejumlah murid yang mengikuti proses belajar tatap muka di rumah juga diwajibkan mengenakan masker. (Sumber: okezone)