KABAR BAIK, Pemerintah Akan Berikan Subsidi Pulsa Untuk Dosen, Guru & Siswa

KABAR BAIK, Pemerintah Akan Berikan Subsidi Pulsa Untuk Dosen, Guru & Siswa

Rabu, 12 Agustus 2020

Erick Thohir: Pemerintah Kaji Subsidi Pulsa untuk Siswa, Guru, hingga Dosen  - kumparan.com

Belajardirumah.org -   Pemerintah tengah membahas bantuan baru untuk masyarakat. Bantuan yang tengah digodok ialah subsidi pulsa.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, subsdi pulsa ini sedang jadi pembahasan antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kemarin Kominfo sendiri bersama Menkeu, Mendiknas sekarang sedang mempelajari apakah ada juga bantuan subsidi pulsa untuk dosen, guru, para murid semuanya," kata Erick dalam teleconference, Rabu (12/8/2020).

Erick belum bisa memberikan penjelasan lebih detil. Sebab, kebijakan itu sedang digodok.

"Tapi saya belum persentase detil karena itu masih digodok kementerian lain," ungkapnya.

Erick bercerita, sebenarnya Kominfo dan BUMN yakni Telkom sudah memberikan bantuan di tengah pandemi. Erick bilang, Kominfo dan Telkom telah memberikan bantuan berupa pulsa murah.

"Telkom, Kominfo sudah memberikan pulsa murah sebanyak Rp 1,7 triliun," ujarnya.

Pulsa Bikin Pengeluaran Jebol

Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad mengatakan, pemerintah memang perlu memberi subsidi kuota internet khususnya untuk kegiatan pendidikan. Sebab, internet memakan biaya yang cukup besar.

"Kalau sekarang kebutuhan katakanlah mereka dapat bansos, masyarakat miskin katakan paling tinggi Rp 600 ribu, tapi per bulan untuk biaya internet satu siswa bisa lebih dari Rp 200 ribu itu kalau satu anak, kalau berapa anak bayangkan itu karena kuotanya besar," ujar kepada detikcom, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, pemerintah perlu menyiapkan anggaran untuk kegiatan pendidikan ini. Jika tidak, maka akan berisiko pada daya beli masyarakat.

"Kedua tentu saja kalau ini tidak diberikan itu akan menggerus daya beli masyarakat yang seharusnya bisa dibeli untuk konsumsi," terangnya. (Sumber : Detik)