Mendikbud Nadiem Makarim Resmi Bagi-bagi Kuota Gratis hingga Desember, Silahkan Dicek

Mendikbud Nadiem Makarim Resmi Bagi-bagi Kuota Gratis hingga Desember, Silahkan Dicek

Jumat, 25 September 2020

Belajardirumah.org -   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meresmikan kebijakan bantuan kuota internet untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Bantuan akan diberikan hingga Desember 2020.


"Jadi pemerintah mendengar, kami menjawabnya dengan satu solusi bantuan kuota kepada bukan hanya peserta didik tapi juga pendidik. Kami telah mengalokasikan anggaran dan berjuang telah berhasil mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun untuk dana bantuan dari bulan September sampai Desember 2020," ujar Nadiem dalam Acara Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Dana Internet Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (25/9/2020).


Nadiem menyebut bantuan kuota internet ini diperuntukkan bagi peserta didik dan tenaga pendidik. Total anggaran untuk bantuan kuota internet gratis sebesar Rp 7,2 triliun.


Kuota data internet pun terbagi menjadi dua yaitu kuota umum dan kuota belajar. Nantinya, kuota umum digunakan untuk membuka berbagai jenis aplikasi pembelajaran. Sedangkan kuota belajar hanya diperuntukkan bagi membuka aplikasi khusus belajar.


"Giga itu dibagi kuota umum yang bisa digunakan berbagai jenis aplikasi dan kuota belajar yang secara spesifik hanya diberikan untuk aplikasi dan aktivitas belajar. Dan durasi bantuan ini selama 4 bulan," ujar Nadiem.


Sejumlah anak-anak melakukan kegiatan belajar di rumah di kawasan Gang Bebek, Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (27/7). Menurut keterangan warga, saat ini anak-anak telah melakukan kegiatan belajar dirumah sejak pandemi COVID-19 mulai masuk ke Jakarta sejak bulan Maret.


Sejumlah anak-anak melakukan kegiatan belajar di rumah di kawasan Gang Bebek, Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. (Pradita Utama/detkcom)


Bagaimana detail bagi-bagi kuota oleh Nadiem ini? Nantinya, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB per bulan, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB per bulan sementara dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan.


Selain Nadiem, turut hadir Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Selain itu, perwakilan dari tiap operator seluler pun hadir dalam acara ini.

close