JANGAN Kaget ! Terima SMS dari BRI Saldo Masuk Rp 2,4 Juta Bantuan Pemerintah, Petanda BLT Banpres Rp 2,4 Juta Cair, Cek HP-mu

Advertisement

JANGAN Kaget ! Terima SMS dari BRI Saldo Masuk Rp 2,4 Juta Bantuan Pemerintah, Petanda BLT Banpres Rp 2,4 Juta Cair, Cek HP-mu

Jumat, 16 Oktober 2020

Belajardirumah.org -    Jangan abai, SMS dari BRI bisa jadi tanda seseorang mendapat bantuan BLT UMKM Banpres Produktif Rp 2,4 juta.


Kabar gembira, mengutip dari Bappenas, program BLT UMKM Banpres Produktif termasuk program bantuan sosial yang diperpanjang hingga tahun 2021.


Program bantuan sosial untuk pelaku usaha kecil menengah telah diluncurkan sejak September lalu dengan memberi hibah modal kepada para penerimanya.


Hibah modal senilai Rp 2,4 juta diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah yang sebelumnya belum menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.


Menkop&UKM Teten Masduki dalam konferensi pers di Kantor Presiden di Jakarta mengungkapkan bahwa penyaluran tahap pertama ke 9 juta penerima telah mencapai 100 persen per 6 Oktober 2020.


Dalam kesempatan yang sama, Teten juga mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan tahap 2 untuk 3 juta penerima dicairkan minggu ini.


“Jadi, minggu ini pun kita sudah mulai menyalurkan untuk 3 juta (Usaha Mikro) berikutnya,” ucap Teten, dilansir oleh Semarangku dari laman Antara.


Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan ini, yaitu:


1. Warga negara Indonesia


2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)


3. Memiliki usaha mikro


4. Bukan termasuk ASN, TNI/POLRI, serta Pegawai BUMN/BUMD


5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR


6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan surat keterangan usaha atau SKU


Pendaftaran program ini dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi dinas koperasi dan usaha kecil menengah di kabupaten / kota masing-masing.


Atau, dengan mendaftar secara online melalui laman https://siapbersamaumkm.kemenkopukm.go.id.


Jika pendaftaran secara online tidak berhasil, sebaiknya lakukan pendaftaran secara konvensional seperti yang telah disebutkan sebelumnya.


Cara menentukan apakah seseorang mendapat bantuan atau tidak yaitu dengan mengecek sms yang berasal dari pihak penyalur yaitu bank. Bagi orang yang mendapat bantuan, akan mendapatkan sms tersebut.


Jika sudah menerima SMS yang dimaksud, penerima bantuan harus melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan untuk mencairkan dana yang didapat.


Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening, akan dibuatkan pada saat pencairan oleh bank penyalur yang terdiri atas himpunan bank negara yaitu Bank BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.


Dikutip dari Antara, awalnya kuota penerima bantuan ini berjumlah 9,1 juta UMKM, kemudian dinaikkan menjadi 12 juta dan yang terbaru akan diusulkan untuk 15 juta penerima.***