Selalu Gagal Lolos Kartu Prakerja? Buruan Daftar JPS, Ribuan Orang Sudah Dapat Manfaatnya

Selalu Gagal Lolos Kartu Prakerja? Buruan Daftar JPS, Ribuan Orang Sudah Dapat Manfaatnya

Kamis, 08 Oktober 2020

Belajardirumah.org -   Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan progran Jaring Pengaman Sosial (JPS) sebagai alternatif solusi bagi pelamar Kartu Prakerja yang agagal atau tidak pernah lolos. Ribuan orang sudah dapat manfaat program ini.


Program ini sudah menyasar 1.985 kelompok wirausaha melalui JPS program TKM hingga 2 Oktober 2020 lalu.


Sedangkan penyaluran bantuan untuk program Padat Karya sudah mencapai 21.820 orang.


Sebagai informasi, ada dua jenis program juga yang termasuk dalam JPS. Yakni Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan Program Padat Karya.


Program tenaga Kerja Mandiri dimaksudkan agar tercipta wirausaha dan lapangan kerja baru di masa pandemi covid-19 ini.


Sedangkan Padat Karya menyasar para pengangguran dan setengah pengangguran untuk , membangun fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.


Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, kedua program ini juga bisa menjadi stimulus bagi masyarakat dan industri kecil untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitasnya.


"Kedua program tersebut juga guna mendukung produk-produk kreatif industri kecil yang pada akhirnya dapat membantu masyarakat survive di masa COVID-19, bahkan menjadi kekuatan ekonomi baru di daerah," ujar Ida seperti dilansir dari ANTARA.


Penerima bantuan tersebut nantinya mendapatkan pembekalan pelatihan berkelanjutan didampingi langsung dari Kemnaker.


Program ini sengaja dihadirkan Kemnaker untuk mengurangi beban masyarakat di masa pandemi covid-19 yang berakibat pada melemahnya ekonomi, penurunan produksi, pengurangan tenaga kerja, hingga penurunan daya beli.***

close