ASYIK! Sudah Diumumkan 4 BLT Diperpanjang di 2021, BSU Subsidi Gaji, UMKM BPUM, Kartu Prakerja, BST! Cek Cara Daftar DISINI

Advertisement

ASYIK! Sudah Diumumkan 4 BLT Diperpanjang di 2021, BSU Subsidi Gaji, UMKM BPUM, Kartu Prakerja, BST! Cek Cara Daftar DISINI

Selasa, 01 Desember 2020

Belajardirumah.org - Kabar gembira untuk rekan-rekan semua diseluruh Indonesia, 4 Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan diperpanjang hingga 2021. Hal itu dipertegas dengan RAPBD yang menganggarkan untuk program ini, misalnya BSU Subsidi Gaji, UMKM BPUM hingga Kartu prakerja. Untuk lengkapnya silahkan cek dibawah ini.


Program tersebut dilakukan pemerintah untuk menanggulangi imbas COVID-19. Sebab hingga tahun depan, dampak virus corona diperkirakan masih terasa.


Pada RAPBN 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 419,31 triliun. Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Mengenai cara daftar, pembaca dapat memencet tombol baca juga yang kami sertakan.


"Alhamdulillah bahwa pada saat ini yang namanya bantuan kepada masyarakat bantuan sosial harus dijalankan seimbang dengan penanganan COVID. Bantuan presiden bantuan produk usaha mikro berjalan sangat baik tentu ini yang akan dilanjutkan di tahun 2021," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam Rakor Pemda DIY.


Tak hanya BPUM, menurut Erick, pemerintah juga akan memperpanjang BLT Subsidi Gaji, bantuan sosial tunai, dan Kartu Prakerja.


Berikut 4 BLT yang dilanjutkan pada tahun depan, seperti dirangkum oleh belajardirumah :


1. BLT Subsidi Gaji


Bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan menyasar karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Pencairan BLT ini dimulai sejak 27 Agustus lalu.


2. Kartu Prakerja


Kartu Prakerja dibuat pemerintah untuk membantu mereka yang terdampak pandemi, khususnya karyawan yang terkena PHK dan pengangguran. Peserta dari program ini akan mendapatkan bantuan insentif untuk pelatihan kerja sebesar Rp 1 juta, dan insentif Rp 600 ribu per bulan.


3. BLT UMKM


Pemerintah membantu para pelaku usaha UMKM lewat program dana hibah. Skemanya yakni kucuran bantuan UMKM Rp 2,4 juta yang ditransfer lewat rekening.


Bantuan pemerintah ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak negatif pandemi virus corona. Total ada 12 juta UMKM yang akan menerima bantuan tersebut.


4. BLT PKH Rp 500 Ribu per KK


Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial yakni bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp 500.000 atau bansos Rp 500.000 untuk masyarakat yang bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).


BLT untuk sembako non-PKH ini menyasar 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap penerima mendapatkan dana tunai sebesar Rp 500.000 ( BLT Rp 500.000).


Demikian informasi terbaru dari belajardirumah.org mengenai 4 daftar BLT yang diperpanjang di 2021, ada BSU Subsidi Gaji, UMUM BPUM, Kartu Prakerja, BANSOS BST, dll. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan yang bertanya bantuan apa saja yang diperpanjang pemerintah di 2021. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung di laman belajardirumah . ***