BELUM Punya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ? Ini Cara Buatnya Untuk Bisa Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu, Buruan Cek Disini CARANYA

BELUM Punya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ? Ini Cara Buatnya Untuk Bisa Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu, Buruan Cek Disini CARANYA

Jumat, 13 November 2020

Belajardirumah.org - Mudah Sekali ! Berikut Cara buat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) supaya bisa cairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) atau BST dari Kemensos senilai Rp500.000 dan BLT lainnya.


Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp500.000.


Bantuan tersebut diberikan bagi mereka yang bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).


Bantuan Sosial Non-PKH sebesar Rp500 ribu akan diberikan kepada 9 juta penerima yang bukan merupakan penerima non Program Keluarga Harapan (PKH).


Bantuan Sosial Tunai ini akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).


Bantuan hanya diberikan satu kali dan dapat dicairkan mulai September di ATM, Kantor Cabang.


Atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang mereka miliki melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.


Bagi Anda yang masuk dalam kategori penerima bansos ini, bisa mengecek statusnya dengan mengakses laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.


Program bantuan BLT Bansos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) non PKH dapat dilakukan dengan cara dan persyaratan yang cukup mudah.


Syarat utama untuk mendapatkan BLT ini adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan atau Non PKH.


KKS atau yang dulunya bernama KPS (Kartu Perlindungan Sosial) adalah kartu yang diterbitkan pemerintah untuk rumah tangga/keluarga miskin.


Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak mengerti tatacara pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Padahal kartu ini mempermudah masyarakat untuk mendapatkan Bansos ataupun BLT dari pemerintah.


Berikut ini adalah cara pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi Anda yang belum memiliki dan ingin membuatnya:


1. Daftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti ke RT/RW tempat Anda tinggal.


2. Anda bisa bertanya tentang informasi KKS kepada pengurus RT/RW, perangkat desa/aparatur kelurahan di wilayah tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.


3. Setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.


4. Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.


5. Tunggu proses verifikasi selesai.


Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan beras atau Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).


Demikian yang dapat admin berikan mengenai Cara Mudah Buat KKS Untuk Dapat BLT Rp 500 Ribu Non PKH, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari info bagaimana cara membuat kartu keluarga sejahtera (KKS). ****