CARA Login Ke info.gtk.kemdikbud Yang Lagi Down Untuk Cek BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta, Bisa Coba Trik Ini

Advertisement

CARA Login Ke info.gtk.kemdikbud Yang Lagi Down Untuk Cek BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta, Bisa Coba Trik Ini

Kamis, 19 November 2020

Belajardirumah.org - Perlu diketahui oleh rekan-rekan guru honorer dan tenaga kependidikan semua bahwa sejak Kamis, 19 November 2020 pagi, info.gtk.kemdikbud.go.id down. Akibatnya segala aktivitas seperti login dan cek informasi BLT guru honorer Rp 1,8 juta tidak bisa dilakukan.


Sejak pagi hari, laman tersebut hanya menunjukkan halaman penuh warna putih dengan tulisan 502 Bad Gateway.


Diketahui, situs info.gtk.kemdikbud.go.id sendiri merupakan laman untuk mengecek informasi bantuan subsidi upah atau BLT bagi guru honorer, dosen, hingga tenaga kependidikan lainnya di Indonesia.


Tak cuma itu saja, pada situ itu juga terdapat dokumen yang perlu diunduh untuk kelengkapan data yang perlu ditunjukkan untuk mencairkan bantuan diantaranya seperti Surat Keputusan Penerima BSU dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).


Lalu bagaimana cara mengatasi jika mendapati info.gtk.kemdikbud.go.id down dengan tulisan 502 Bad Gateway? Beberapa cara ini mungkin bisa membantu Anda.


Langkah pertama, Anda bisa mencoba menggunakan browser lain untuk membuka laman tersebut.


Jika masih tidam bisa dibuka, langkah satu-satunya ialah membuka situs tersebut ketika sudah bisa diakses kembali.


Salah satu penyebab bisa jadi akibat terlalu banyak pengunjung. Sehingga ada sebagian orang yang tidak bisa mengakses situs tersebut


Langkah alternatifnya, Anda bisa membuka di jam ketika orang sedikit mengaksesnya. Sebagai contoh bisa membukanya saat tengah malam atau dini hari.


Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai menyalurkan bantuan kepada pendidik maupun tenaga kependidikan non PNS.


"Kita berencana memberikan bantuan subsidi upah bagi sekitar 2 juta orang dan sebesar Rp 1,8 juta yang diberikan satu kali kepada masing-masing  penerima," ungkap Nadiem, 17 November 2020 dalam pemaparannya terkait BSU seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari kanal YouTube Kemdikbud RI.


Pihaknya mengatakan bahwa total sasaran ada 2.034.732 orang yang meliputi dosen, guru, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.


Adapun rincian BSU Rp 1,8 juta dari Kemdikbud ialah sebagai berikut 162.277 dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta dan 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.


Terkait teknis penyaluran, pihaknya mengungkapkan bahwa Kemendikbud membuatkan rekening baru untuk setiap PTK penerima BSU  Kemendikbud. Bantuan disalurkan secara bertahap sampai akhir November 2020.


Pendidik maupun tenaga kependidikan bisa mengakses informasi terkait pencairan melalui info.gtk.kemdikbud.go.id.


Untuk mencairkan BSU ini ada beberapa hal yang harus disiapkan. Beberapa hal yang wajib dipersiapkan untuk dapat BLT Rp 1,8 juta ialah :


1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada.

3. Surat Keputusan Penerima BSU (diunduh dari Info GTK)

4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (diunduh dari Info GTK). 


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai CARA Login Ke info.gtk.kemdikbud.go.id yang lagi down Untuk Cek BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta, Bisa Coba Trik Ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekna-rekan guru honorer semua. ***