CUMA Pakai KTP Cek Nama Penerima BPUM BRI Rp 2,4 Juta Di eform.bri.co.id/bpum, Buruan Daftar dan Cek Nama Anda DISINI

CUMA Pakai KTP Cek Nama Penerima BPUM BRI Rp 2,4 Juta Di eform.bri.co.id/bpum, Buruan Daftar dan Cek Nama Anda DISINI

Kamis, 19 November 2020

Belajardirumah.org - Perlu admin infokan bahwa, Pendaftar bantuan BLT UMKM yang dapat SMS BPUM dari BRI INFO bisa cek online daftar penerima banpres ini dengan cara klik link efor.bri.co.id/bpum NIK KTP. Silahkan rekan-rekan semua bisa cek nama penerima di link yang sudah disediakan dibawah ini.


Jika nomor eKTP terdaftar di formulir online (eform) tersebut, pelaku UMKM berhak mencairkan bantuan senilai Rp 2,4 juta di bank BRI terdekat dengan membawa KTP.


Pencairan bantuan ini tidak bisa diwakilkan. Jika penerima yang terdaftar sudah meninggal makan bantuan tidak bisa dicairkan oleh ahli waris.


Pencairan bantuan ini tidak ada potongan biaya administasi apapun karena BLT UMKM Rp2,4 juta ini merupakan hibah yang diberikan secara gratis dan bukan pinjaman.


Sebagaimana diberitakan Berita DIY sebelumnya, Tenaga Ahli Kedeputian III Kantor Staf Presiden (KSP) Aji Erlangga mengatakan, pemerintah optimistis Program Bantuan Presiden (Banpres) untuk UMKM tahap satu dan dua dapat menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro.


"Realisasi Program Banpres UMKM hingga saat ini sudah mencapai 79,61 persen dari total 100 persen yang ditargetkan selesai pada 31 Desember 2020,” kata Aji Erlangga melalui keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.


Jika baru mencapai 79,61 persen, artinya BPUM baru tersalurkan ke sekitar 9,55 juta UMKM. Masih ada kesempatan 2 juta UMKM yang dapat bantuan ini.


"Program Banpres Produktif Usaha Mikro tahap kedua dibagikan kepada masyarakat pelaku UMKM di Indonesia dengan total Rp28,8 triliun untuk 12 juta pelaku usaha mikro,” ujar Aji.


Pelaku UMKM yang dapat SMS BPUM dari BRI INFO bisa cek nama penerima di formulir online di eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP dengan cara berikut:


  1. Buka browser atau aplikasi internet di hp, kemudian masuk ke alamat eform.bri.co.id/bpum
  2. Masukkan nomor identitas KTP atau NIK
  3. Masukkan kode verifikasi yang tertera,
  4. Kemudian klik Proses Inquiry
  5. Lalu akan muncul informasi status pendaftaran BLT Banpres UMKM atau BPUM ini.

Jika nomor eKTP (NIK KTP ) tertera di link tersebut maka pelaku UMKM berhak mendapatkan bantuan Rp2,4 juta dengan mencairkannya di bank penyalur.


Sementara pelaku UMKM belum dapat bantuan ini bisa daftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing atau beberapa lembaga pengusul berikut:


  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Baca Juga: Alasan Karyawan Belum Ditransfer BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan, Pastikan Namamu ada di Sini


Adapun syarat bagi pelaku UMKM yang berhak menerima bantuan UMKM Rp2,4 juta ini adalah:


  • WNI
  • Mempunyai Nomir Induk Kependudukan (NIK)
  • Mememiliki usaha mikro
  • Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan ini bisa menyiapkan data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telefon aktif yang dapat dihubungi.


Meski demikian, tidak semua usaha bisa disebut sebagai usaha mikro. Hanya usaha mikro yang bisa dapat bantuan Rp2,4 juta sekali cair ini. Berdasarkan UU No 20 tahun 2008, berikut kriteria yang termasuk golongan usaha mikro:


  • Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha: atau
  • Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta
  • Selain persyaratan di atas tidak boleh mendapatkan banpres Produktif usahan mikro.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Cara Cek daftar nama penerima BPUM BRI Rp 2,4 Juta Di eform.bri.co.id/bpum, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang masih bingung bagaimana cara cek nama penerima bantuan BPUM BRI. Sekian dan terima kasih atas kunjungan sobat semua disitus kami belajardirumah.org.***

close