HORE ! BLT Gaji Guru Honorer Segera Cair, Pemerintah Siapkan RP 5 T, Ini Bocoran Jadwal Pencairannya

HORE ! BLT Gaji Guru Honorer Segera Cair, Pemerintah Siapkan RP 5 T, Ini Bocoran Jadwal Pencairannya

Minggu, 15 November 2020

Belajardirumah.org -  Kabar gembira untuk rekan-rekan Guru Honorer,  Pemerintah mengalokasikan Rp5,02 triliun untuk bantuan langsung tunai (BLT) gaji guru honorer. Hal itu dilakukan usai pemerintah menambah pagu perlindungan sosial pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2020 dari Rp203,9 triliun menjadi Rp234,33 triliun.


"Karena masyarakat khususnya kalangan bawah menghadapi tekanan yang luar biasa dengan PSBB, maka kami meningkatkan jumlah perlindungan sosial dengan sangat signifikan," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat bersama Komite IV DPD secara virtual pekan lalu.


Penyaluran BLT gaji guru honerer itu disalurkan melalui dua kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag). Rinciannya, bantuan gaji guru honorer sebesar Rp2,94 triliun di Kemendikbud dan Rp2,08 triliun Kemenag.


Selain itu, pemerintah juga memberikan subsidi kuota internet Kemendikbud Rp5,5 triliun, dan bantuan internet siswa, mahasiswa, dan guru Kemenag Rp1,16 triliun.


Rencananya, ada 1,63 juta guru honorer Kemendikbud dan 749,5 ribu guru honorer Kemenag yang disasar sebagai penerima bantuan.


Bocoran jadwal pencairan BLT Gaji Guru Honorer Tahun 2020.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dipastikan akan meluncurkan program tersebut pada Selasa (17/11) mendatang.


"(Subsidi guru honorer cair) tunggu peluncurannya hari Selasa (17/11) siang oleh MM (Mas Menteri) ya," kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar dalam pesan singkat kepada detikcom, Minggu (15/11/2020).


Belum diketahui apakah setelah diluncurkan itu BSU atau BLT gaji bisa langsung ditransfer kepada guru penerima atau tidak. Kahar belum mau menjelaskannya sebelum diluncurkan secara resmi.


"Tunggu saja hari Selasa ya," ucapnya.


Berdasarkan catatan detikcom, bantuan itu akan diberikan kepada 1,8 juta guru honorer. Besaran yang akan diberikan sama seperti subsidi karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta, yakni Rp 600 ribu per bulan.


Apa saja syaratnya? berdasarkan catatan detikcom, syarat pertama mereka harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per akhir Juni 2020.


Kedua, BSU diberikan kepada guru honorer dan PTK Non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah yang sebelumnya. Program sebelumnya yang dimaksud adalah subsidi gaji buat peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Ketiga penerima BSU atau BLT gaji ini adalah PTK yang tidak masuk ke dalam program Kartu Prakerja. Keempat, PTK yang bakal mendapatkan bantuan subsidi upah adalah yang gajinya Rp 5 juta ke bawah.


Baca Juga : JADWAL Penerimaan CPNS 2021 dan PPPK Akan Dibuka , Berikut Syarat dan Alur Pendaftaran PPPK


Demikian informasi yang dapat admin belajardirumah.org berikan mengenai Jadwal Pencairan BLT Gaji Guru Honorer Tahun 2020 yang mana pemerintah telah menyiapkan Rp 5 T, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman guru honorer semua yang sedang menunggu jadwal cair BLT. Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia. ***