HORE! Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Ini Bocoran Kapan dan Cara Mendaftar Agar Lolos Seleksi

Advertisement

HORE! Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Ini Bocoran Kapan dan Cara Mendaftar Agar Lolos Seleksi

Senin, 07 Desember 2020

Belajardirumah.org - Informasi terbaru untuk rekan-rekan semua, Kartu Prakerja Gelombang 12 akan segera dibuka, berikut ini adalah bocoran kapan dibuka pendaftaran dan cara mendaftar agar lolos seleksi.


Pengumuman seleksi Kartu Prakerja Gelombang 11 telah diumumkan pada Selasa, 10 November 2020 lalu, tercatat hanya 380 ribu peserta yang lolos dari total hampir 4 juta pendaftar.


Program Kartu Prakerja yang sejatinya dikhususkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau ingin meningkatkan keterampilannya. Lewat jalan digital melalui marketplace dipilih dalam pelatihan Kartu Pra Kerja untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.


Seperti diketahui, Pemerintah mengalokasikan Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional.


Setiap penerima mendapatkan total insentif Rp2,4 juta yang dibayar per bulan sebesar Rp600 ribu selama empat bulan setelah menyelesaikan pelatihan dan memberikan peringkat dan ulasan pelatihan..


Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menjelaskan pihaknya memang telah menutup pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11, November lalu dan gelombang 11 akan menjadi gelombang terakhir di tahun 2020.


Namun, Denni memastikan bahwa program Kartu Prakerja tetap akan berlanjut hingga tahun 2021.


"Jadi Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 sehingga bagi para sobat Prakerja yang telah memasukkan data dan yang nantinya belum lolos sebagai penerima tahun ini jangan berkecil hati karena bisa mengikuti batch selanjutnya, batch 1 di 2021," ujar Denni, Selasa 3 November 2020 seperti dikutip dari Antara.


Program Kartu Prakerja yang sejatinya dikhususkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau ingin meningkatkan keterampilannya. Lewat jalan digital melalui marketplace dipilih dalam pelatihan Kartu Pra Kerja untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.


Pendaftar yang sudah memasukkan data pun tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya di tahun depan. Sebab data mereka sudah tersimpan di dalam data base PMO dan tidak perlu mengisi data seperti saat mendaftar pertama kali di situs www.prakerja.go.id.


Lebih lanjut, Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan bahwa Pendaftaran gelombang 11 merupakan gelombang tambahan.


Dikarenakan sudah tak ada kuota, Kartu Prakerja Gelombang 11 bisa jadi yang terakhir pada tahun ini.


"Gelombang 11 bisa jadi menjadi gelombang terakhir pada tahun ini," kata Louisa.


Untuk Kartu Prakerja gelombang 12 bisa jadi diselenggarakan pada tahun depan.


Agar lolos pada seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12, Anda harus memperhatikan syarat-syarat pelamar Kartu Prakerja Gelombang 12.


Syarat-syarat yang harus dipenuhi ialah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.


Mengutip dari laman resmi Kartu Prakerja, ada 7 golongan yang dipastikan gagal dapat insentif Kartu Prakerja Gelombang 11, yaitu:


  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Jika telah memenuhi syarat-syarat pendaftaran diatas dan tidak termasuk golongan yang dipastikan gagal, berikut adalah cara daftar Kartu Prakerja gelombang 12:


  • Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu,
  • masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun,
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  • Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Bagi anda yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Gelombang 12 agar dapat masuk ke tahap seleksi.


Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang telah lolos persyaratan seleksi, akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS) dan langsung cek untuk konfirmasi di akun dashboard-nya di situs www.prakerja.go.id.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Bocoran jadwal pembukaan kartu prakerja gelombang 12 serta cara daftar agar lolos. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua.