INFO! NIK KTP Tidak Terdaftar Padahal Sudah Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta? Segera Cek dan Lakukan Hal Ini

Advertisement

INFO! NIK KTP Tidak Terdaftar Padahal Sudah Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta? Segera Cek dan Lakukan Hal Ini

Senin, 07 Desember 2020

Belajardirumah.org -   Sudah daftar Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) Rp2,4 Juta namun NIK KTP Tidak Terdaftar? 


Ada beberapa penyebab yang membuat NIK KTP Anda tidak terdaftar di link eform.bri.co.id/bpum.


Meskipun demikian, para pelaku UMKM masih bisa mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta. Oleh karena itu,segera cek kembali eform.bri.co.id/bpum secara berkala dan lakukan cara lainnya.


Program bantuan presiden produktif usaha mikro Rp2,4 juta telah ditutup oleh Kementerian Koperasi dan UKM pada akhir November 2020. 


Saat ini, Kemenkop sedang memvalidasi data sejumlah peserta pelaku usaha mikro yang mendaftar di tahap 2.


Proses alur pencairan BLT UMKM ini mulai dari tahap pendaftaran hingga menerima SMS untuk tahap 2 modelnya masih sama seperti tahap 1.


Setelah Anda mendaftar di bulan November maka dipastikan pengumuman pertanda lolos akan diinformasikan di bulan Desember hingga Januari 2021.


Sebelumnya di tahap 1 pendaftaran dibuka Agustus maka pencairan dilakukan di September hingga November 2020.


Bahkan sejumlah daerah diyakini sebagian besar pesertanya sudah menerima dana tersebut, hal ini berdasarkan pantauan di sejumlah media sosial.


Namun banyak pula yang belum mendapatkan notifikasi dari bank penyalur BRI sebagai tanda calon penerima dana ini.


Jika Anda sudah mendaftar program BLT UMKM tahap 2 maka Anda kini hanya bisa menunggu dan cek berkala di situs E-form BRI di eform.bri.co.id/bpum hanya dengan menggunakan NIK KTP.


Berikut cara cek lolos atau tidak di situs Eform BRI dilansir dari bri.co.id :


- Klik alamat website: https://eform.bri.co.id/bpum


- Isi nomor KTP


- Memasukkan jawaban perhitungan matematika untuk proses verifikasi


- Klik proses inquiry


- Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak


Namun jika Anda sudah mendaftar dan mendapatkan SMS notifikasi di handphone (HP) dari bank penyalur BRI dipastikan Anda terdaftar sebagai calon penerima.


Anda bisa langsung menuju bank penyalur dengan membawa bukti SMS tersebut dan membawa sejumlah dokumen untuk proses pencairan, dokumen tersebut antara lain :


  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • Identitas diri
  • Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana banpres

Sementara itu jika cek NIK KTP namun ternyata tidak terdata di situs e-form maka berikut ini kemungkinan penyebab dan solusinya :


- Pertama, Anda belum mendaftar program BLT UMKM Rp2,4 juta, solusinya Anda harus segera menuju ke kantor dinas koperasi dimana Anda tinggal, jika sudah tutup maka Anda bisa mendaftar di tahun 2021 karena program ini sudah disebut Menteri Koperasi Teten Masduki akan diperpanjang di tahun depan, jadi Anda tinggal bersabar menunggu pendaftaran di tahap selanjutnya.


- Kedua, Kemenkop UKM belum memvalidasi data Anda karena yang mendaftar jutaan dipastikan membutuhkan proses bertahap dan agak lama, jika kemungkinan ini terjadi maka Anda harus sabar menunggu karena tahapan dari proses pendaftaran di tahap 2 hingga proses pencairan akan berlangsung hingga Januari 2021.


- Ketiga, sistem di Bank penyalur belum terkoneksi dengan link di eform.


Jika hal ini terjadi maka Anda harus selalu cek berkala di situs eform dan jika tidak muncul juga tunggu sampai tahapan proses pendaftaran hingga penyaluran yang akan berakhir di Januari 2021.


- Keempat, Rekening Anda terblokir karena Anda masih punya pembiayaan atau kredit di bank.


Jika Anda ingin menerima dana dari pemerintah ini, maka Anda harus melunasi kredit atau pembiayaan bank Anda dahulu agar Anda bisa menerima dana ini jika tidak maka dipastikan BLT UMKM anda hangus.


- Kelima, Nomor NIK eKTP Anda tidak sinkron dengan data di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil). 


Hal ini disampaikan sejumlah peserta yang telah mendaftar namun mengalami kejadian seperti dibawah ini dilansir dari akun Instagram @kemenkopUKM, 4 Desember 2020.


@safiraaryasafiraarya


No e-KTP saya kedaftar bpum tp nama yg tertera salah satu huruf,saya sudah mengajukan ke bank BRI katanya pencairannya d tunda dulu Krn nama yg tertera itu salah,padhl no e KTP itu jls no saya...apakah bisa d cairkan secepatnya y?saya penjual sembako kecil2 & sangat membutuhkan... terimakasih


@bayinmubayin08


di wilayah saya banyak NIK dan nama beda di cek di e form niknya di pakai atas nama orang lain ,dan pihak banknya tidak mau mengurusinya.


Jika tidak sinkron Anda juga bisa cek validasi NIK eKTP Anda di situs https://dukcapil.kemendagri.go.id/.


Atau jika nama ada kesalahan bisa dilakukan di BRI CABANG/UNIT terdekat, dan perbaikan NIK yang salah bisa diajukan melalui BRI CABANG pihak BRI yang akan meneruskan ke KANWIL dan KEMENKOP.


Hal ini berdasarkan pengalaman salah satu peserta yang mendaftar program ini yang berkomentar di akun YouTube Channel Nasrulloh Arul, 6 Desember 2020.


Sebelumnya, artikel ini telah tayang lebih dulu di Ringtimes Bali dalam judul "Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta tapi NIK KTP Tidak Terdaftar, Cek Eform.bri.co.id/bpum dan Lakukan Ini".***