REKAN Semua, Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id untuk Dapat Uang BST Rp300 Ribu dari Kemensos Sekarang

Advertisement

REKAN Semua, Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id untuk Dapat Uang BST Rp300 Ribu dari Kemensos Sekarang

Kamis, 17 Desember 2020

Belajardirumah.org - Informasi penting untuk rekan-rekan semua, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu hingga 2021.  Bantuan tersebut akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 


Hal itu diungkapkan oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono Laras. 


“Sesuai arahan Presiden, Menteri Sosial (Mensos) telah menginstruksikan kami untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) di awal tahun 2021,” ujarnya pada Jumat 4 Desember 2020 seperti dikutip belajardirumah dari Antara. 


Diketahui, pada tahun depan Bansos tersebut jumlahnya berkurang dengan besaran Rp200 per bulan.


Adapun syarat untuk mendapatkan BST Rp300 ribu dari Kemensos di antaranya:


1.Pendaftar merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.


2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi corona.


3. Pendaftar tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat, seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.


4. Jika pendaftar tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, silakan komunikasi dengan aparat desa.


5. Pendaftar yang sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor NIK dan KTP yang bersangkutan tetap mendapat BST Rp300 ribu tanpa membuat KTP. Namun, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya


6. Apabila data sudah terdaftar dan valid. Maka, BST Rp300 ribu akan diberikan melalui tunai dan non-tunai. Non-tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.


Untuk mengetahui apakah Anda adalah salah satu penerima BST Bansos Rp300 ribu per bulan dari Kemensos, Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu di https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara:


1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id


2. Pilih ID, Anda bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.


3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).


5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan secara tepat


6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah Anda penerima bantuan sosial bansos BST.


Apabila setelah di cek di laman https://dtks.kemensos.go.id Anda tidak terdaftar namun telah memenuhi 6 kriteria penerima BST Bansos Rp300 ribu, maka Anda dapat mengajukan data ke RT/RW tempat Anda tinggal dengan membawa beberapa dokumen yang harus dibawa, yaitu: 


1. Mendatangi RT/RW setempat dengan membawa lampiran fotokopi KTP untuk dibuatkan data pembukuan rekening bank Himbara


2. Tunggu informasi selanjutnya mengenai pencairan dana BST Rp300 ribu ke rekening masing-masing penerima.


Demikian informasi dan berita terbaru dari belajardirumah.org mengenai Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id untuk Dapat Uang BST Rp300 Ribu dari Kemensos Sekarang, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua. ***