ALHAMDULILLAH BLT Dana Desa Rp 600 Ribu Cair Lagi, Disalurkan dalam 2 Tahap, CEK Penerima DISINI

Advertisement

ALHAMDULILLAH BLT Dana Desa Rp 600 Ribu Cair Lagi, Disalurkan dalam 2 Tahap, CEK Penerima DISINI

Rabu, 20 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memperbaiki penyaluran BLT dana desa. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal menambah alokasi untuk desa.


Adapun alokasi tambahan ini digunakan bisa mensejahterakan masyarakat desa dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT).


"Penggunan dana desa diperluas menjadi penjaring pengaman sosial untuk masyarakat desa yang membutuhkan dalam bantuan langsung tunai," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (15/1/2021).


Kata dia, untuk desa yang memiliki jumlah desa yang penduduk besar dan akan mendapatkan alokasi banyak agar bisa mengejar posisi ketertinggalan bisa menjadi desa maju. Terlebih, desa yang mengelola dananya yang baik.


"Ini akan terlihat nyata dan baik dan penyalurannya akan dilakukan sederhana dengan dua tahap," katanya.


Dalam kesempatan yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan penggunaan Dana Desa pada tahun 2021 difokuskan pada tiga prioritas.


Pertama adalah pemulihan ekonomi nasional, Dana Desa dapat digunakan untuk membentuk, mengembangkan, dan merevitalisasi Badan usaha milik desa (BUMDes) maupun BUMDes Bersama (BUMDesma).


“Nanti BUMDes ini akan menjadi ujung tombak untuk pertumbuhan ekonomi di desa, apalagi sudah berbadan hukum,” pungkasnya. (Sumber: Okezone)