Innalillahi Mantan Mendikbud Wiranto Arismunandar Berpulang di Usia 88 Tahun, Simak Profilnya Ini Bunda -->

Innalillahi Mantan Mendikbud Wiranto Arismunandar Berpulang di Usia 88 Tahun, Simak Profilnya Ini Bunda

Kamis, 20 Mei 2021

Belajardirumah.org -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era Presiden Soeharto, Wiranto Arismunandar meninggal dunia pada hari ini, Rabu (19/5/2021). Ia berpulang di usia 88 tahun.


Kabar tersebut disampaikan dalam sosial media resmi milik Institut Teknologi Bandung (ITB). Wiranto sendiri pernah menjabat sebagai Rektor ITB periode 1988-1997.


"Rektor, Pimpinan, dan Segenap Keluarga Besar ITB turut berduka cita atas berpulangnya Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME. (Rektor Institut Teknologi Bandung Periode 1988-1997). Semoga almarhum mendapat tempat mulia di sisi-Nya," bunyi unggahan tersebut dikutip detikEdu.


Wiranto merupakan salah satu menteri di kabinet Pembangunan VII yang dibentuk pada Maret 1998.


Jenazah saat ini disemayamkan di rumah Duka di Bukit Dago Utara 1 No. 6, Bandung. Selanjutnya pada Kamis, 20 Mei 2021, pukul 07.30 WIB - 08.00 WIB di Aula Barat ITB, akan diadakan upacara pelepasan jenazah almarhum.


Prosesi ini merupakan upacara penyerahan pihak ITB kepada negara dan hanya dihadiri oleh keluarga, dan pimpinan ITB dalam jumlah yang terbatas. Upacara pelepasan ini akan disiarkan secara langsung (live streaming) melalui Kanal Youtube Official ITB.


Selesai prosesi pelepasan, almarhum akan dimakamkan dengan upacara militer di Makam Para Bupati Bandung Jl. Karang Anyar, Bandung.


Biografi Wiranto Arismunandar

Dikutip dari laman Perpusnas, Wiranto Arismunandar lahir di Semarang pada 19 November 1933. Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia jurusan Teknik Mesin pada tahun 1959.


Kemudian, di tahun 1960 ia melanjutkan S2 di Universitas Mechanical Engineering Purdue, Amerika Serikat. Terakhir, untuk jenjang S3 ia meraihnya dari Universitas Stanford jurusan Mechanical Engineering.


Selama hidupnya, Wiranto dikenal sebagai profesor di bidang Teknik Mesin. Selain menjadi rektor di ITB, Wiranto pernah menjabat sebagai wakil ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) periode 1978-1989, serta di tahun 1998 ia dipercaya menjadi Mendikbud.


Tercatat, ia telah menerbitkan 13 buku dan menulis lebih dari seratus makalah dari konferensi, simposium, hingga pertemuan di seluruh dunia. Tak sedikit juga penghargaan yang pernah ia raih, salah satunya adalah Satyalancana Karya Satya Bintang Satu di tahun 1990.


Selamat jalan Wiranto Arismunandar..


sumber ; detik.com