Mendikbud Nadiem Beri Kabar Gembira Untuk Guru dan Siswa, Dimulai Bulan September 2021, Buruan Simak!

Advertisement

Mendikbud Nadiem Beri Kabar Gembira Untuk Guru dan Siswa, Dimulai Bulan September 2021, Buruan Simak!

Rabu, 04 Agustus 2021

Belajardirumah.org -  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim melanjutkan kembali bantuan kuota belajar untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen di semester awal Tahun Ajaran 2021/2022.


"Pada September, Oktober, November 2021, kami akan salurkan Rp2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen," tutur Nadiem dalam acara yang disiarkan YouTube Kemendikbud RI, Rabu (4/8).


Seperti di tahun sebelumnya, besaran kuota dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan. Siswa PAUD mendapat 7 gigabyte per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 10 gigabyte per bulan, guru 12 gigabyte per bulan, serta mahasiswa dan dosen 15 gigabyte per bulan.


Kuota yang diberikan seluruhnya merupakan kuota umum atau dapat digunakan untuk seluruh aplikasi dan situs, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.


"Kami akan salurkan subsidi kuota 11-15 September, 11-15 Oktober, 11-15 November 2021. Dan kuota data berlaku selama 30 hari sejak diterima," tutur Nadiem.


Untuk mendapatkan bantuan ini, kepala satuan pendidikan harus memperbarui data penerima kuota dan melaporkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepada Kemendikbudristek selambat-lambatnya 31 Agustus 2021.


Sebelumnya, bantuan kuota diberikan Nadiem pada pertengahan tahun lalu sebagai upaya melancarkan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).


Diketahui tahun ini pemerintah mulanya berencana membuka pembelajaran tatap muka (PTM). Namun rencana itu terkendala karena kondisi pandemi covid-19 kembali melonjak. (Sumber : Cnnindonesia)